Iklan dempo dalam berita

13 Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli, Lengkap dengan Kode Emas

13 Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli, Lengkap dengan Kode Emas

13 Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli, Lengkap dengan Kode Emas--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut 13 cara membedakan emas palsu dan asli, lengkap dengan kode emas.

Emas murni merupakan emas yang belum dicampur dengan logam lainnya. Emas dapat dikatakan logam tempat kita bergantung ketika bentuk mata uang yang lain tidak berfungsi, maka emas mempunyai nilai sebagai jaminan terhadap masa-masa sulit.

Salah satu investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat yaitu investasi emas. Investasi ini dianggap lebih menguntungkan dan aman karena harganya selalu naik. Tidak hanya digunakan sebagai koleksi, emas juga bisa menjadi dana darurat. Meskipun aman, masyarakat harus mengetahui keaslian emas tersebut.

BACA JUGA:Waspada Emas Palsu, Ketahui 8 Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu Agar Tidak Tertipu

Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli

Bagaimana cara membedakan antara emas asli dengan emas palsu? Berikut ulasannya.

1. Tidak Magnetis

Cara mudah mengetahui emas asli dengan mengetahui ciri-cirinya yang tidak bersifat magnetis. Logam mulia memang berbeda dari besi, nikel, kobalt, dan jenis logam lainnya.

Untuk itu, perbedaan emas asli dan palsu bisa dengan mendekatkan magnet pada logam mulia. Jika magnet dan emas saling tarik-menarik dan menempel, maka dapat terpastikan produk tersebut adalah palsu. Sebab, emas asli tidak akan tertarik dengan magnet dan magnet juga tidak akan menempel pada emas.

Sedangkan emas palsu mengandung magnetis karena terdapat campuran kandungan logam lain dalamnya.

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Emas Palsu Atau Asli Cuma Pakai Cuka, Ini Caranya

2. Tidak Korosif

Emas murni tidak memiliki sifat korosif yang berbeda dengan logam lain, seperti perak dan besi mengalami oksidasi dan berkarat.

Emas palsu tidak hanya memiliki kadar terlalu rendah. Bahkan, emas imitasi juga hanya ada dalam bentuk bahan pelapis yang bisa luntur seiring dengan berjalannya waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: