Iklan dempo dalam berita

Pemprov Sumsel Targetkan Pajak 2024 Rp 4,3 Triliun, Cek Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Sumatera Selatan

Pemprov Sumsel Targetkan Pajak 2024 Rp 4,3 Triliun, Cek Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Sumatera Selatan

Kapan pemutihan pajak kendaraan di Sumatera Selatan?--

Namun, untuk di tahun ini jika mengingat April pun sudah terlewatkan akan tetapi belum ada informasi lebih lanjut mengenai jadwal pemutihan pajak apakah akan diadakan atau tidak.

Bagi masyarakat yang memang menunggu informasi ini, bisa untung sering memantau website resmi Samsat daerah Sumsel.

Sementara itu, untuk diketahui, kabar tentang pemutihan pajak kendaraan bermotor memang selalu membawa angin segar bagi setiap orang yang memiliki kendaraan. 

Tapi, latar belakang di balik kebijakan ini ternyata untuk mengerek target penerimaan pemerintah daerah melalui pajak kendaraan. Sebab, cara ini dianggap efektif mendorong wajib pajak melunasi kewajiban perpajakan mereka.

Program pemutihan pajak kendaraan ternyata kerap dilakukan sejumlah pemerintah daerah. Salah satunya adalah Sumsel, seperti yang dikatakan di atas bahwa tahun lalu Provinsi ini juga menggelar program ini.

BACA JUGA:Daftar Provinsi yang Buka Pemutihan Pajak 2024, Kabupaten Tangerang Ada?

Seperti sudah diduga sebelumnya, program ini disambut baik dan dianggap sebagai kesempatan emas bagi masyarakat untuk memenuhi kewajiban pajak kendaraan mereka.

Lantas apa definisi pemutihan pajak kendaraan bermotor? 

Pemutihan pajak kendaraan bermotor merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh negara guna mendorong wajib pajak yang telah lama tidak membayarkan kewajibannya membayar pajak kendaraan dengan tidak/menghapus beban denda keterlambatan pembayaran selama periode tertentu.

Katakanlah Anda memiliki kendaraan bermotor yang sudah tiga tahun menunggak. Jika kemudian Anda menuntaskan kewajiban untuk membayarkan pajak motor dalam kurun waktu tersebut, maka Anda akan dikenakan denda sebesar 2% dari pajak pokok kendaraan yang terlambat dibayar.

BACA JUGA:Coba Cek! Begini Contoh STNK Kena Pajak Progresif serta Cara Mengetahui Mobil Kena Pajak Progresif

Dengan adanya program pemutihan ini, denda yang dikenakan sebelum masa pemutihan akan dihilangkan sehingga Anda cukup membayarkan pajak pokok saja.

Contoh Penghitungan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak motor per tahun: Rp350.000.

Terlambat bayar selama 3 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: