Iklan dempo dalam berita

Waspada! 5 Wilayah Ini Berpotensi Banjir Rob Selama 10 Hari, Cek Info Lengkapnya di Sini

Waspada! 5 Wilayah Ini Berpotensi Banjir Rob Selama 10 Hari, Cek Info Lengkapnya di Sini

Potensi Banjir Rob Mulai 1-10 Juni 2024--

Cara Menangani Banjir Rob

Pada dasarnya, banjir rob merupakan banjir yang cukup sering terjadi di kawasan pesisir. bahkan saat sedang tidak musim penghujan pun, banjir rob bisa saja tetap terjadi.

Walaupun demikian, ada sejumlah langkah yang bisa dicoba untuk menanggulangi banjir rob, antara lain sebagai berikut:

1. Mengumpulkan air hujan pada daerah atas, seperti membuat pompa di daerah bawah, serta membuat bendungan agar air laut tidak mengalir menuju daratan atau pemukiman warga.

2. Kemudian, menerapkan konsep water front city, khususnya dilakukan di wilayah-wilayah yang mengalami penurunan lapisan tanah cukup tinggi.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Terbaru Pinjaman UMi BRI Rp 10 Juta, Syarat Mudah dan Cicilan Ringan

3. Menerapkan konsep tidal gate, yaitu membuat pintu pasang surut dan pintu air pada muara sungai. Ini perlu dilakukan untuk menahan air laut menuju sungai dalam volume besar.

4. Selanjutnya, menerapkan konsep polder, yaitu dengan membuat kolam kecil untuk menampung air banjir rob. Konsep tersebut juga dapat diterapkan di kota atau wilayah yang padat penduduk.

5. Melestarikan hutan mangrove, untuk meningkatkan lingkungan laut yang sehat dan risiko bencana banjir yang semakin berkurang.

Demikian ulasan mengenai Waspada! 5 wilayah ini berpotensi banjir rob selama 10 hari, cek info lengkapnya di sini. Semoga bermanfaat.


Septi Widiyarti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: