Iklan dempo dalam berita

Kenapa Pajak Mobil Hybrid Mahal? Begini Besaran Nilai dan Cara Perhitungannya

Kenapa Pajak Mobil Hybrid Mahal? Begini Besaran Nilai dan Cara Perhitungannya

Kenapa Pajak Mobil Hybrid Mahal?--

Mobil Hybrid dengan harga jual Rp100 juta dan konsumsi BBM 24 kilometer per liter = 15% x (40% x Rp100 juta) = Rp6.000.000.

Dan ini simulasi bayar pajak pada revisi Pasal 27. Mobil full Hybrid dengan harga Rp100 juta dan konsumsi BBM 20 kilometer per liter = 15% x (46,6% x Rp100 juta) = Rp6.990.000. 

Ini artinya, semakin boros BBM yang digunakan mobil Hybrid maka semakin mahal pajak mobil (PPnBM) yang dikenakan. Dan biaya bayar pajak di atas belum termasuk biaya SWDKLLJ, administrasi, dan lainnya. 

BACA JUGA:Mobil Sultan! Ini Daftar Pajak Mobil Honda Civiv Turbo 2024 All Type

Kerugian tidak bayar pajak mobil

Pajak mobil Hybrid memang mahal, tapi bukan berarti kamu tidak membayarnya. Telat atau tidak sama sekali bayar pajak mobil hanya akan menimbulkan kerugian buat kamu.

Ini beberapa kerugian yang akan kamu alami: 

  1. Denda telat pajak. Besar denda telat pajak tiap kendaraan berbeda tergantung durasi keterlambatan. 
  2. Sanksi pidana kurungan. UU No. 22 Pasal 28 ayat 1 tahun 2009 tentang LLAJ, pidana kurungan dua bulan atau denda Rp500 ribu,
  3. Harga jual mobil turun. Kemungkinan pembeli menawar harga lebih rendah dengan alasan harus membayar denda pajak kendaranmu juga.
  4. Mobil bodong. Nomor registrasi kendaraanmu akan dihapus bila telat bayar pajak lebih dari dua tahun. Dengan kata lain, kendaraanmu dianggap mobil bodong karena sudah tidak terdaftar. Ini diatur dalam UU No. 22 pasal 74 ayat 2 tahun 2009.

BACA JUGA:Hemat Kantong! Ini 7 Daftar Mobil dengan Pajak Paling Murah, Cek Dulu Sebelum Beli

“Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor bisa dilakukan jika kendaraannya rusak berat, hingga tidak dapat dioperasikan atau pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya dua tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor”.

BACA JUGA:Marak Beredar, Ini 8 Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu, Kenali Dampaknya Pada Kendaraan

Nah, kalau kamu tidak mau mengalami kerugian di atas, patuhi jadwal bayar pajak kendaraanmu untuk menghindari denda telat pajak. 

Ingat, menunda bayar pajak hanya akan membuat nilai pajakmu semakin tinggi. Apalagi bila kamu sampai telat bertahun-tahun, maka mobilmu bisa dianggap sebagai mobil bodong!

BACA JUGA:Banyak Diminati, Segini Biaya Service Mobil Xpander Mulai 10.000-100.000 Km

Kelebihan Mobil Hybrid 

Jika sudah mengetahui cara menghitung simulasi pajak mobil Hybrid, berikut ini merupakan kelebihan mobil Hybrid yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi kamu yang ingin memilikinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: