Iklan RBTV Dalam Berita

Orang Minang Sudah Tahu Belum? Ini Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Minang, Salah Satunya Duduk di Depan Pintu

Orang Minang Sudah Tahu Belum? Ini Pantangan Ibu Hamil Menurut Adat Minang, Salah Satunya Duduk di Depan Pintu

Pantangan wanita hamil menurut adat minang--

Baik dalam agama maupun adat, membunuh atau menyakiti hewan adalah hal yang dilarang, terutama bagi ibu hamil.

Hal ini dipercaya dapat membuat anak yang dilahirkan nanti memiliki sifat atau karakteristik seperti hewan yang disakiti.

Misalnya, jika ibu hamil secara tidak sengaja menginjak ekor tikus, dipercaya bahwa anaknya nanti akan memiliki sifat seperti tikus.

8. Keluar Rumah saat Magrib

Pantangan ini berlaku tidak hanya bagi ibu hamil, tetapi juga untuk seluruh masyarakat Minang. Keluar pada saat magrib dipercaya dapat membuat seseorang terkena "tasapo", yaitu gangguan dari makhluk halus. Bagi ibu hamil, hal ini bisa menyebabkan keguguran atau gangguan kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Bulan Istimewa! Bagi Kamu yang Lahir di Februari, Ada Khodam Macan Putih Selalu Setia Menjaga

9. Melilitkan Handuk di Leher

Dilarang melilitkan handuk di leher ibu hamil karena dipercaya dapat membuat bayi dalam kandungan terlilit tali pusar. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi saat melahirkan dan membahayakan keselamatan bayi.

10. Mandi pada Waktu Magrib

Pantangan mandi pada waktu magrib mirip dengan larangan keluar rumah pada waktu yang sama. Dipercaya bahwa mandi saat magrib dapat menyebabkan ibu hamil terkena "palasik" atau gangguan dari makhluk halus yang menuntut ilmu hitam. Hal ini bisa berakibat keguguran atau masalah kesehatan lainnya.

Meskipun beberapa dari pantangan-pantangan ini mungkin terdengar tidak masuk akal atau tidak didukung oleh bukti ilmiah, penting untuk memahami bahwa kepercayaan ini diwariskan secara turun-temurun dan bertujuan untuk melindungi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. 

BACA JUGA:Alami Gejala Usus Kotor? Coba Cara Detox ala dr. Zaidul Akbar, Gunakan Bahan dan Tips Ini Insya Allah Ampuh!

Banyak dari pantangan ini juga mengajarkan nilai-nilai kesopanan, kesabaran, dan kehati-hatian yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat!

 

Sheila Silvina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: