Iklan dempo dalam berita

Penting! Ini Niat Zakat Fitrah Buat Diri Sendiri, Keluarga dan Orang yang Diwakilkan

Penting! Ini Niat Zakat Fitrah Buat Diri Sendiri, Keluarga dan Orang yang Diwakilkan

Sebelum membayar zakat, pahami lah niatnya--

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM - Membayar zakat termasuk salah satu dari lima rukun Islam. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan saat berakhirnya bulan puasa bagi setiap umat muslim, baik laki-laki atau perempuan, anak-anak maupun orang dewasa, budak ataupun orang yang merdeka.

BACA JUGA:Ada 1.636 Dosis Vaksin Meningitis, Disuntikan H-14 Keberangkatan Haji

Dalam buku Fikih Sunnah Jilid 2 karya Sayyid Sabiq disebutkan, zakat fitrah telah disyariatkan sejak bulan Sya'ban tahun kedua Hijriah untuk mensucikan diri bagi orang yang berpuasa. Hal ini sebagaimana dikatakan dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Pertamina dan ESDM Pastikan Kuota BBM Cukup untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran

 

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ، وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ، فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ، وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

 

Artinya: "Dari Ibnu Abbas ia berkata, 'Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang berpuasa dari ucapan yang jelek (yang sia-sia) dan memberi makan bagi orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum sholat Idul Fitri maka zakat itu diterima dan barangsiapa membayarnya sesudah sholat maka zakat itu dianggap sebagai sedekah biasa." (HR Ibnu Majah).

Seperti ibadah lainnya, saat menunaikan zakat fitrah tentu harus diawali dengan niat. Mengutip dari buku Menggapai Surga dengan Doa karya Achmad Munib, berikut ini lafal niat zakat fitrah yang bisa diamalkan.

BACA JUGA:Segera Cair Bantuan untuk Ibu Hamil Rp 2,4 Juta, Pelajar SD Rp 900 Ribu dan SMA Rp 2 Juta

 

Niat Zakat Fitrah

 

1. Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: