Iklan dempo dalam berita

Rincian Dana Desa Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 2024! 10 Desa Dapat Alokasi Dana Rp 1 Miliar

Rincian Dana Desa Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 2024! 10 Desa Dapat Alokasi Dana Rp 1 Miliar

Rincian dana desa di Kabupaten Bintan--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMRincian dana desa Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 2024! 10 desa dapat alokasi dana Rp 1 miliar, desa mana saja?

Kabupaten Bintan adalah salah satu kabupaten di provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Sebelumnya dikenal sebagai Kabupaten Kepulauan Riau, nama kabupaten ini diubah menjadi Kabupaten Bintan pada 23 Februari 2006 berdasarkan PP No 5 Tahun 2006. 

BACA JUGA:Ini 5 Strategi Kejam DC Pinjol Ilegal Ketika Tagih Nasabah Galbay, Kamu Pernah Ngalamin?

Ibu kota Kabupaten Bintan adalah Bandar Seri Bentan, yang juga merupakan kecamatan Teluk Bintan. 

Kabupaten Bintan terdiri dari 10 kecamatan, 15 kelurahan, dan 36 desa, dari total 70 kecamatan, 141 kelurahan, dan 275 desa di seluruh provinsi Kepulauan Riau. 

Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 148.658 jiwa dengan luas wilayah 1.318,21 km² dan sebaran penduduk 113 jiwa/km².

Dana desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memajukan desa-desa di Indonesia, termasuk di Kabupaten Bintan. Dana desa adalah alokasi dana dalam APBN untuk pembangunan desa yang disalurkan melalui APBD. 

Dana ini menjadi salah satu bentuk pemasukan desa dan jumlah alokasinya diatur dalam sejumlah peraturan perundang-undangan. 

Dana desa dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti biaya koordinasi, penanggulangan kerawanan masyarakat, kegiatan khusus lainnya, meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan, sosial, dan budaya, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa.

BACA JUGA:Terlanjur Pinjam di Aplikasi Pinjol Ilegal, Ini 3 Solusi dari OJK Jika Mengalami Kesulitan Bayar

Alokasi dana desa dihitung menggunakan dua aspek yaitu pemerataan dan keadilan. Aspek pemerataan tercermin dari alokasi dasar di mana setiap desa mendapatkan nilai yang sama, sedangkan aspek keadilan tercermin dari formula yang ditetapkan berdasarkan beberapa komponen dalam desa tersebut.

Penyaluran Dana Desa dilakukan secara bertahap. Berikut ini adalah rincian dana desa 2024 untuk tiap desa di Bintan:

- Biaya koordinasi

- Biaya penanggulangan kerawanan masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: