Iklan dempo dalam berita

Ayo Cek Lagi Daftar Penerima PIP Kemendikbud Bulan Juni 2024, Nama Kamu Masih Terdaftar?

Ayo Cek Lagi Daftar Penerima PIP Kemendikbud Bulan Juni 2024, Nama Kamu Masih Terdaftar?

Ayo Cek Lagi Daftar Penerima PIP Kemendikbud Bulan Juni 2024, Nama Kamu Masih Terdaftar?--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ayo cek lagi daftar penerima-pip Kemendikbud bulan Juni 2024, nama kamu masih terdaftar?

Seperti yang diketahui, apabila dilihat dari laman resminya, PIP cair untuk siswa yang memiliki KIP. Begitu juga sebaliknya, siswa yang belum punya KIP bisa mencairkan PIP apabila sudah ditetapkan sebagai penerima oleh Kemendikbud Ristek.

BACA JUGA:Cek Pencairan PIP Tahap 2 Bulan Juni 2024, Ada Kenaikan Hampir 100 Persen dari Pemerintah

Karena data penerima PIP disesuaikan melalui DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) milik Kemensos (Kementerian Sosial) yang terkoneksi dengan Dapodik.

Data pada DTKS bisa berubah setiap bulan karena menyesuaikan dengan hasil verifikasi Kemensos untuk menetapkan kelayakan penerima bantuan. 

BACA JUGA:Ini Kategori Penerima dan Syarat Mengajukan Bansos PIP Kemendikbud

Jadi, mereka yang sebelumnya bisa mencairkan bantuan, belum tentu akan mendapatkan lagi pada periode berikutnya.

Pemerintah telah menetapkan kategori siswa yang berhak mendapatkan PIP, bantuan pendidikan cair kepada siswa yang tergolong sebagai masyarakat kurang mampu.

Selain itu, siswa yang putus sekolah (drop out), memiliki kelainan fisik, terkena musibah/bencana alam, orangtuanya terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), tinggal di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di LP (Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 saudara yang tinggal di rumah juga bisa mendapatkan PIP.

BACA JUGA:Respon Kisah Kristianie, BPIP Sesalkan Calon Paskibraka asal Maluku Gagal Ikut Seleksi Nasional karena Hal Ini

Untuk bisa mendapatkan PIP, cara pertama adalah mengecek nama penerima pada situs resmi di pip.kemdikbud.go.id. Gunakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) untuk bisa login pada laman tersebut.

Dana PIP akan dicairkan apabila siswa penerima sudah mengaktifkan rekening SimPel (Simpanan Pelajar), pencairan akan berlangsung selama 3 tahap pada tahun 2024. 

Namun masing-masing penerima langsung mencairkan bantuan sekaligus dalam satu tahap

BACA JUGA:Daftar Bansos yang Akan Cair Juni 2024 dari PKH Hingga PIP, KPM Wajib Simak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: