Iklan dempo dalam berita

Rawan penipuan! Ini 5 Tips agar Mobile Banking Aman

Rawan penipuan! Ini 5  Tips agar Mobile Banking Aman

5 Tips agar Mobile Banking Aman--

Kode OTP bersifat sangat rahasia dan tidak boleh dibagikan kepada siapa pun, bahkan jika yang meminta adalah pihak yang mengaku sebagai bank.

BACA JUGA:Soal Rupiah Tembus Rp 16.400 Per Dolar AS, Begini Respon Jokowi dan Gubernur BI

Jika Anda menerima permintaan kode OTP dari sumber yang mencurigakan, segera laporkan kepada bank Anda. Memberikan kode OTP kepada orang yang tidak bertanggung jawab bisa membuka akses mereka ke rekening Anda dan memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi tanpa sepengetahuan Anda.

BACA JUGA:Ini 5 Strategi Kejam DC Pinjol Ilegal Ketika Tagih Nasabah Galbay, Kamu Pernah Ngalamin?

4. Hindari Bertransaksi dengan Wi-Fi Publik

Wi-Fi publik, termasuk yang ada di kafe, kantor, sekolah, dan universitas, tidak selalu aman untuk melakukan transaksi keuangan. 

Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin memantau aktivitas jaringan tersebut. Menggunakan Wi-Fi publik untuk mobile banking bisa meningkatkan risiko data Anda dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Terlanjur Pinjam di Aplikasi Pinjol Ilegal, Ini 3 Solusi dari OJK Jika Mengalami Kesulitan Bayar

Sebaiknya, gunakan koneksi internet yang kontrolnya ada di tangan Anda, seperti data seluler dari operator telekomunikasi yang Anda percayai. 

Jika Anda terpaksa menggunakan Wi-Fi publik, pastikan jaringan tersebut terenkripsi dan gunakan jaringan virtual pribadi (VPN) yang terpercaya untuk mengamankan koneksi Anda.

BACA JUGA:Buat Nasabah Pinjol Gagal Bayar, Ketahui Kapan Teror DC Pinjol Akan Berhenti? Catat Waktunya

5. Hindari Penggunaan VPN untuk Transaksi Mobile Banking

Meskipun VPN dapat membantu melindungi privasi Anda dengan menyembunyikan lokasi dan aktivitas online, penggunaan VPN untuk mobile banking tidak selalu aman. 

Saat Anda mengakses situs atau aplikasi perbankan melalui VPN, semua data Anda akan melewati server penyedia VPN tersebut.

BACA JUGA:3 Cara Ampuh Hapus Data Pinjol Tanpa Harus Ganti Kartu, Terapkan Untuk Lepas dari Teror DC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: