Iklan dempo dalam berita

Penting untuk Diketahui! Ini Jenis Penyakit yang Ditularkan dari Hewan Kurban dan Cara Pencegahannya

Penting untuk Diketahui! Ini Jenis Penyakit yang Ditularkan dari Hewan Kurban dan Cara Pencegahannya

Jenis Penyakit yang Ditularkan dari Hewan Kurban--

Kemudian, juga bisa menggunakan masker dan sarung tangan saat menangani hewan atau produk hewan yang berpotensi terinfeksi.

BACA JUGA:Wujudkan Hunian Ramah Lingkungan, BRI Tawarkan KPR Green Financing dengan Promo Menarik

5. Toksoplasmosis

Apa Itu Toksoplasmosis?

Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Penyakit ini bisa menular ke manusia melalui konsumsi daging yang tidak dimasak dengan baik atau kontak dengan kotoran hewan yang terinfeksi.

Gejala dan Bahaya Toksoplasmosis

Pada kebanyakan orang, toksoplasmosis tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Namun, pada ibu hamil dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan otak dan mata.

Pencegahan Toksoplasmosis

Untuk mencegah toksoplasmosis, pastikan Moms selalu memasak daging hingga matang sempurna dan menjaga kebersihan tangan serta peralatan masak. Jika kamu sedang hamil, hindari juga kontak langsung dengan kotoran kucing yang bisa menjadi sumber infeksi.

BACA JUGA:Ini 5 Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Haji, Salat Fajar Hingga Menambah Amal Ibadah

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat untuk Tahun Depan

Merencanakan pembelian hewan kurban untuk tahun depan bisa menjadi langkah yang bijak untuk memastikan bahwa hewan yang dikurbankan memenuhi syarat dan bebas dari penyakit.

Berikut beberapa tips untuk memilih hewan kurban yang sehat:

1. Cek Kesehatan Hewan

Pastikan hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat. Hewan harus aktif, memiliki nafsu makan yang baik, dan tidak menunjukkan gejala penyakit seperti mata berair, batuk, atau diare.

2. Periksa Fisik Hewan

Hewan kurban harus lengkap secara fisik, tidak cacat, dan memiliki tubuh yang proporsional. Pastikan hewan tidak memiliki luka atau infeksi pada kulit.

BACA JUGA:Wujudkan Hunian Ramah Lingkungan, BRI Tawarkan KPR Green Financing dengan Promo Menarik

3. Vaksinasi

Pilih hewan yang sudah mendapatkan vaksinasi yang diperlukan untuk mencegah penyakit seperti anthrax dan brucellosis. Ini penting untuk memastikan bahwa hewan tidak membawa penyakit yang bisa menular ke manusia.

4. Sumber Terpercaya

Beli hewan kurban dari penjual atau peternak yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Peternak yang baik biasanya menjaga kesehatan dan kebersihan hewan dengan baik.

5. Dokumen Kesehatan

Minta dokumen kesehatan dari hewan yang akan dibeli. Dokumen ini bisa berupa sertifikat kesehatan dari dinas peternakan setempat yang menjamin bahwa hewan tersebut bebas dari penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: