Iklan RBTV Dalam Berita

Dana Desa Kabupaten Sukamara 2024, Ada 8 dari 29 Desa Diantaranya Terima Kucuran Dana di Atas Rp 1 Miliar

Dana Desa Kabupaten Sukamara 2024, Ada 8 dari 29 Desa Diantaranya Terima Kucuran Dana di Atas Rp 1 Miliar

Dana Desa di Kabupaten Sukamara--ist

Betawakan merupakan kegiatan saling lempar kantong air berisi kesumba (air berwarna) dari atas perahu maupun tepian sungai. 

Selain sebagai sarana hiburan, festival tersebut dinilai mampu menyambung tali silahturahmi antar-warga dan ungkapan rasa syukur saat memperingati hari besar umat Islam yang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

BACA JUGA:Daftar Produk Pro Israel di Indonesia Menurut Fatwa MUI, Cek Faktanya

3. Wisata Sukamara

Kabupaten Sukamara termasuk daerah dengan destinasi apik dan indah yang cocok dikunjungi saat Anda hendak berlibur. Salah satunya adalah Danau Burung.

Danau ini tak hanya dikenal dengan keindahannya, tapi juga sebagai tempat transit bagi para burung yang sedang bermigrasi. Keindahan hutan gambut juga dapat Anda lihat. Lalu ada owa, orangutan, serta jenis ikan tawar yang hidup di sekitar kawasan danau tersebut.

Ada juga Pantai Kuala Jelai yang sangat bersih dan masih terjaga alamnya, sehingga Anda lebih nyaman saat berwisata di sana. Anda bisa menghabiskan waktu sampai sore untuk melihat keindahan senja. Ada juga Bukit Patung, salah satu destinasi ekowisata di Sukamara.

Anda dapat melihat keindahan alam, serta pesona air terjun di Bukit Patung. Tempat wisata lainnya adalah Pantai Kampung Baru, Pantai Tanjung Nipah, Pantai Tanjung Selaka, Wisata Kota Tua, Wisata Adat Dayak, dan Kampung Wisata Sungai Tabuk.

BACA JUGA:Ingin Kepoin Mantan? Begini 10 Cara Melihat Instagram Story Tanpa Ketahuan Pemilik Akun

4. Kuliner Khas Sukamara

Amplang, salah satu kuliner khas Kabupaten Sukamara. (Istimewa). Ada berbagai kuliner khas Kabupaten Sukamara, salah satunya wadi patin. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari ikan patin.

Cara pembuatannya, yakni daging ikan patin yang telah dibersihkan kemudian difermentasi, lalu dimasak dengan cara digoreng atau dikukus. Karena difermentasi, wadi patin memiliki rasa yang khas, yakni perpaduan antara asin dan asam, serta rasa lezat dari daging ikan patin itu sendiri.

Selain itu, ada kerupuk basah yang jadi oleh-oleh khas Sukamara. Pada umumnya, kerupuk basah tersedia dalam dua varian, yakni kerupuk basah ikan toman dan ikan belida. 

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Hulu Sungai Tengah 2024, Desamu Kebagian Alokasi Berapa?

Untuk menambah kenikmatan, kerupuk basah biasanya disajikan bersama sambal cabai. Kuliner khas lainnya dari Kabupaten Sukamara adalah Abon Tongkol, Amplang, Keripik Kelakai, Kerupuk Kering, dan Rabuk Patin Kandas Sari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: