Iklan dempo dalam berita

7 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes, Apa Saja?

7 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes, Apa Saja?

Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes--

Meskipun sayuran mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, tetapi beberapa sayuran tidak dilarang untuk penderita diabetes, seperti sayuran yang mengandung karbohidrat dan pati.

Menurut jurnal yang dipublikasikan pada Panthera: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan risiko terserang diabetes. Selain itu, makanan tinggi karbohidrat juga memicu resistensi insulin.

Sayuran yang mengandung karbohidrat dikhawatirkan dapat menaikkan kadar gula darah jika dikonsumsi melebihi batas. Adapun sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes adalah sebagai berikut:

1. Kacang Polong

Sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes yang pertama adalah kacang polong. Kacang polong mengandung tinggi karbohidrat yang dapat menaikkan kadar gula pada darah. Dalam satu gelas kacang polong, terdapat 20 gram karbohidrat.

Selain itu, kacang polong mengandung antinutrisi yang dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dan memengaruhi kesehatan sistem pencernaan.

BACA JUGA:Lengkap! Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja UMKM 2024, Cek Link Pendaftarannya

2. Kentang

Kentang menjadi salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes karena memiliki angka indeks glikemik yang tinggi. Artinya, kentang dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat setelah mengonsumsinya.

Baik kentang goreng maupun kentang rebus, kentang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

3. Labu Mentega
Salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes adalah labu mentega. Labu yang dikenal sebagai labu musim dingin ini mengandung banyak karbohidrat yang jika dikonsumsi berlebihan, dapat menaikkan kadar gula darah.

BACA JUGA:Desa Mana di Kabupaten Bandung Dapat Dana Desa Paling Besar? Ini Rinciannya untuk Seluruh Desa

4. Jus Sayur (Kemasan dan Alami)

Selain sayuran yang diolah secara alami, olahan sayur seperti jus sayur kemasan juga harus dihindari oleh penderita diabetes. Banyak orang mengira bahwa meminum jus sayur kemasan dapat menggantikan peran sayuran alami.

Faktanya, meskipun Anda memilih jus yang tidak mengandung sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes, jus sayur kemasan mengandung lebih banyak gula, zat kimia, dan pengawet yang buruk bagi penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: