Iklan dempo dalam berita

Dana Desa Kabupaten Buton 2024, Segini Rincian Dana di 83 Desanya, Mana yang Tertinggi?

Dana Desa Kabupaten Buton 2024, Segini Rincian Dana di 83 Desanya, Mana yang Tertinggi?

Dana desa di Kabupaten Buton--ist

Diketahui sebagian kecil masyarakat Buton memiliki mata biru layaknya orang Eropa. Mata biru tersebut disebabkan oleh adanya kelainan genetik yang disebut dengan Waardenburg Syndrome.

Namun sebagian orang menganggap hal ini justru merupakan hasil perkawinan silang antara masyarakat suku Buton dengan bangsa Portugis pada zaman dulu.

3. Menggunakan Bahasa Cia-cia yang Mirip Bahasa Korea

Keunikan lain yang tak kalah menarik dari Suku Buton adalah kelompok masyarakat yang menggunakan bahasa dan aksara Cia-cia. Aksara ini sangat mirip dengan bahasa korea yang disebut Hanguel.

Melansir laman Kemendikbud, Bahasa Cia-cia adalah bahasa tutur yang digunakan oleh masyarakat Cia-cia, di pulau Buton. Jumlah penutur bahasa Cia-cia mencapai 93.000 jiwa.

Pada tahun 2009, Wali Kota Buton memutuskan untuk mengadaptasi aksara Korea (Hangeul) menjadi aksara resmi Bahasa Cia-cia.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan Bahasa Cia-cia ini. Disebutkan bahwa masyarakat Cia-cia tidak memiliki aksara atau budaya tulis.

BACA JUGA:Lengkap! Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja UMKM 2024, Cek Link Pendaftarannya

4. Memiliki Benteng Terluas di Dunia

Siapa sangka ternyata benteng terluas di dunia ada di Indonesia. Benteng tersebut adalah Benteng Keraton Buton, di Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara.

Melansir dari laman indonesia.go.id, luas benteng ini mencapai 23.375 hektare (ha) dengan panjang keliling tembok mencapai 2.740 meter. Karena luasnya ini, Benteng Keraton Buton dinobatkan sebagai bangunan pertahanan terluas di dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) bersama dengan Guinnes Book of World Record, pada September 2006.

Benteng ini terletak di Bukit Wolio yang posisinya 100 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat benteng ini sebagai benteng pertahanan terbaik pada zamannya.

Dari tepi benteng, masyarakat bisa melihat bentangan pemandangan menakjubkan Kota Baubau yang indah. Di bagian dalam benteng juga terdapat sisa-sisa peninggalam sejarah kesultanan Buton.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Kolaka 2024 untuk 100 Desa, Mana yang Terima Alokasi Terendah?

5. Wilayah yang Tidak Pernah Dijajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: