Iklan dempo dalam berita

Ini Tips dan Cara Memulai Bisnis Ayam Petelur untuk Pemula agar Hasil telur Berkualitas dan Banjir Untung!

Ini Tips dan Cara Memulai Bisnis Ayam Petelur untuk Pemula agar Hasil telur Berkualitas dan Banjir Untung!

Tips dan cara memulai bisnis ayam petelur--ist

Ayam biasanya diberikan makanan seperti sentrat, tepung ikan, jagung yang sudah digiling, dan dedak. 

Semua makanan tersebut memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Penting untuk memastikan makanan ayam mengandung protein, karbohidrat, kalsium, mineral, dan vitamin yang tinggi. Pemberian pakan yang cukup memengaruhi produktivitas ayam dalam bertelur. 

Selain itu, perhatikan juga minuman ayam, terutama pada masa awal pemberian bibit ayam, dengan campuran gula dan obat anti stres agar ayam tenang dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

BACA JUGA:Rincian Lengkap Dana Desa se Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 (bagian 6)

6. Vaksinasi

Vaksinasi sangat penting untuk menjaga nutrisi serta vitamin bagi ayam. Vaksin membantu ayam memiliki daya tahan tubuh yang baik dan biasanya diberikan dengan cara mencampurkan pada makanan langsung. 

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan ayam secara rutin.

7. Jaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang sangat penting untuk kesehatan ayam. Kandang yang bersih mencegah bibit penyakit dan bau tidak sedap. 

Beberapa peternak menyiasati dengan membangun kandang di atas kolam ikan lele, namun kondisi kolam yang kotor bisa menjadi penyebab adanya nyamuk yang berbahaya bagi ayam.

8. Pemasaran Telur

Menjual telur tidaklah sulit. Anda bisa memasarkan telur dengan berbagai metode, seperti bermitra dengan pemilik usaha kuliner seperti restoran, kafe, pemasok telur untuk minimarket, toko kelontong, atau menjualnya langsung lewat sistem pre-order dan online. 

BACA JUGA:Mudah Dipasarkan! Ini Tutorial Bisnis Ayam Petelur agar Sukses dan Raup Untung Besar

9. Memahami Kandungan Gizi pada Telur

Telur ayam kaya akan gizi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin A, vitamin B2, niasin, tiamin, riboflavin, vitamin E, dan vitamin D. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: