Iklan dempo dalam berita

Jangan Panik! Ini Cara Memperbaiki Mobil Overheat, Mudah Dilakukan

Jangan Panik! Ini Cara Memperbaiki Mobil Overheat, Mudah Dilakukan

Cara Memperbaiki Mobil Overheat--

Jarum penunjuk suhu pada dashboard menunjukkan angka yang sangat tinggi atau bahkan mendekati tanda merah.

BACA JUGA:Tragis! Wartawan Rico Sempurna Pasaribu dan Keluarganya Tewas Terbakar, Diduga Usai Beritakan Ini

Saat Anda menghadapi salah satu dari gejala ini, ada beberapa langkah cepat yang bisa Anda ambil untuk mengatasi situasi dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin.

Langkah-langkah Mengatasi Mobil Overheat

1. Matikan AC Mobil

Langkah pertama yang paling sederhana namun efektif adalah mematikan AC. AC yang aktif menambah beban pada mesin karena menggunakan kompresor yang bekerja keras untuk menjaga kabin tetap dingin.

Dengan mematikan AC, Anda mengurangi beban kerja mesin dan membantu menurunkan suhu secara bertahap.

2. Menepi dan Berhenti

Ketika Anda menyadari bahwa mesin mobil mulai panas, segera cari tempat yang aman untuk menepi. Berhenti sejenak adalah langkah penting karena mesin yang terus bekerja dalam kondisi overheat dapat mengalami kerusakan serius pada komponen internal seperti piston, silinder, dan blok mesin. Biarkan mobil berhenti untuk sementara waktu agar suhu mesin mulai turun.

BACA JUGA:Penumpang Ojol Tewas, Tabrakan di Pertigaan Mapolresta Bengkulu

3. Buka Kap Mesin

Setelah menepi, langkah berikutnya adalah membuka kap mesin. Ini memungkinkan udara panas untuk keluar dan mempercepat proses pendinginan mesin.

Namun, perlu diingat untuk melakukan ini dengan hati-hati karena bagian-bagian mesin mungkin masih sangat panas. Anda dapat menggunakan sarung tangan atau alat bantu lain untuk membuka kap mesin dengan aman.

4. Tunggu Hingga Mesin Mendingin

Setelah kap mesin terbuka, biarkan mesin mendingin secara alami. Proses ini bisa memakan waktu mulai dari 30 menit hingga beberapa jam, tergantung pada seberapa panas mesin sebelumnya.

Jangan mencoba untuk membuka tutup radiator saat mesin masih panas karena cairan pendingin yang mendidih dapat menyebabkan luka bakar.

BACA JUGA:Penumpang Ojol Tewas, Tabrakan di Pertigaan Mapolresta Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: