Iklan dempo dalam berita

Ada Rencana Mau Menikah dan Menggunakan Resepsi Pernikahan dengan Adat Jawa, Ini Estimasi Biayanya

Ada Rencana Mau Menikah dan Menggunakan Resepsi Pernikahan dengan Adat Jawa, Ini Estimasi Biayanya

Mau Menikah dan Menggunakan Resepsi Pernikahan dengan Adat Jawa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ada rencana mau menikah dan menggunakan resepsi pernikahan dengan adat Jawa, ini estimasi biayanya.

Ada banyak adat pernikahan populer yang berada di Indonesia. Adat ini biasanya menyesuaikan asal calon pengantin. 

BACA JUGA:Ini Rincian Biaya Pernikahan di Jawa Barat, Mulai Seserahan hingga Harga Undangan

Salah satu adat yang populer adalah pernikahan adat Jawa dengan berbagai prosesi yang sakral. Jika Anda tertarik menggunakannya, wajib mencari tahu berapa biaya nikah adat Jawa.

Hal ini penting, mengingat prosesi pernikahan adat Jawa cukup banyak. Dengan mengetahui kisaran biaya pernikahan adat Jawa, Anda pun bisa mempersiapkan dananya sedini mungkin. 

BACA JUGA:Berapa Biaya Pernikahan di Jakarta 2024, Mulai Sewa Gedung hingga Kisaran Harga Catering

Berikut ini rata-rata biaya nikah adat Jawa di Indonesia:

1. Biaya Pemasangan Tarub dalam Pernikahan Adat Jawa

Biaya yang perlu Anda keluarkan pertama yaitu untuk prosesi Tarub. Sekedar informasi, Tarub adalah kependekan dari bahasa Jawa yakni ditata supaya murup atau bercahaya. Adat ini yaitu memasang tenda yang sudah terdapat berbagai hiasan.

Hiasan yang ada yaitu rangkaian janur kuning, bleketepe, kelapa muda, pisang tuwuhan, serta bermacam jenis dedaunan. Dalam adat Jawa, pemasangan tarub merupakan penanda rumah pemilik hajat. Biaya yang harus calon pengantin keluarkan jika memakai vendor sekitar Rp 2 sampai 3 juta.

BACA JUGA:Ternyata Sebelum Thailand, Sudah Ada 35 Negara yang Telah Legalkan Pernikahan Sejenis

2. Biaya untuk Prosesi Siraman

Biaya pernikahan adat Jawa yang harus Anda keluarkan berikutnya yaitu untuk prosesi siraman. Ini merupakan suatu ritual pembersihan diri sebelum menjalankan pernikahan. Umumnya siraman melibatkan keluarga dekat dan membutuhkan bahan khusus, yaitu air suci, rempah, dan bunga.

Biaya yang Anda keluarkan mencakup pembelian bahan tersebut sekaligus biaya jasa pemandu ritual. Untuk biaya prosesi siraman dalam pernikahan adat Jawa berbeda-beda tergantung kelengkapan peralatan adatnya, yakni mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 6,5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: