Iklan dempo dalam berita

Tol Muara Enim-Prabumulih Dilanjutkan Tahun Depan, Ini 4 Kecamatan yang Dilintasi Tol

Tol Muara Enim-Prabumulih Dilanjutkan Tahun Depan, Ini 4 Kecamatan yang Dilintasi Tol

Kecamatan yang dilintasi jalan tol Muara Enim-Prabumulih--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tol Muara Enim-Prabumulih dilanjutkan tahun depan, ini 4 kecamatan yang dilintasi tol.

Banyak yang mempertanyakan nasib pembangunan jalan tol Muara Enim-Prabumilih. Informasi terbaru, ruas jalan ini akan tetap dilanjutkan. Diperkirakan mulai dikerjakan lagi tahun depan, 2025.

Dalam perencanaannya, Desa Tanjung Serian, Kecamatan Muara Enim, dipilih menjadi lokasi pintu masuk dan keluar untuk jalan tol Muara Enim-Prabumulih.

BACA JUGA:Kabupaten Boven Digoel Berpenduduk 68.511 Jiwa Terima Dana Desa 2024, Cek Rincian Dana Terbesar

Trase Prabumulih-Muara Enim ini sejauh 54,5 Km akan melintasi empat kecamatan di wilayah Kabupaten Muara Enim. Yaitu, Kecamatan Rambang, Rambang Niru, Gunung Megang dan Muaraenim dengan lokasi simpang susun (interchange) pintu akses keluar masuk Muara Enim berada di Desa Tanjung Serian.

Selain itu sejauh 49,3 Km dari 54,5 Km total panjang trase Prabumulih-Muara Enim akan melintasi lahan milik warga.

Terkait kelanjutan proyek ini, beberapa waktu lalu Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) melakukan pengecekan lokasi pembangunan tol menghubungkan Kota Prabumulih dengan Kabupaten Muara Enim sepanjang 54 kilometer (Km). 

BACA JUGA:Lengkap, Ini Rincian Dana Desa Kabupaten Dogiyai 2024, Cek Anggaran Desamu

Pembangunan ruas tol Prabumulih-Muara Enim akan masuk penganggaran APBN Tahun Anggaran 2025 sehingga diharapkan dapat direalisasikan di tahun tersebut. 

Sebelumnya, Pemkab Muara Enim dalam beberapa kesempatan melobi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, agar pembangunan tol Muara Enim dilanjutkan kembali setelah sempat tak masuk daftar prioritas infrastruktur yang dibangun pemerintah pusat.

Salah satu alasan yang disampaikan Pemkab Muara Enim, jika tol Prabumulih-Muara Enim sudah tersambung akan mempermudah akses Muara Enim menuju Kota Palembang.

Karena akan memperpendek waktu tempuh dari 3-4 jam menjadi 1 hingga 1,5 jam saja.

BACA JUGA:Anggaran Dana Desa Kabupaten Nabire 2024, Segini Rincian Dana untuk 72 Desa

Melansir laman waskitaprecast.co.id, status proyek pembangunan Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim dengan Owner PT Waskita Karya (Persero) Tbk EPC, lokasi di Sumatera Selatan (Sumsel), pekerjaan Stressing, Masa Kontrak 2019 – saat ini, berstatus On Going.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: