Iklan dempo dalam berita

Mengenal Weton Tulang Wangi 1 Suro Berdasarkan Perhitungan Kalender Jawa

Mengenal Weton Tulang Wangi 1 Suro Berdasarkan Perhitungan Kalender Jawa

Weton tulang wangi malam satu suro--Foto: ist

Mereka sering kali menjadi pemimpin spiritual atau dukun dalam masyarakat Jawa, membantu orang-orang dalam berhubungan dengan dunia metafisik. 

Meskipun mungkin sulit dipercaya oleh beberapa orang, keberadaan orang-orang dengan weton tulang wangi tetaplah dihormati dan diagungkan dalam budaya Jawa sebagai sosok yang dihormati.

BACA JUGA:Jabatan Kades Sah 8 Tahun, Ini Jadwal Pengukuhan Seluruh Kades di Seluma

Dinamakan demikian karena 'Tulang' artinya malam dan 'Wangi' merujuk pada harum atau wangi. Istilah ini berasal dari keyakinan bahwa pada malam tersebut, tanah di sekitar makam akan mengeluarkan aroma wangi yang khas.

Tradisi masyarakat setempat mengaitkan malam 1 Suro dengan perayaan untuk menghormati leluhur, sehingga mereka sering pergi ke makam pada malam itu untuk melakukan ziarah. 

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa pada malam 1 Suro, tanah di sekitar makam menjadi 'Tulang Wangi' karena diyakini bahwa pada malam itu, arwah leluhur datang berkunjung dan memberi berkah.

Oleh karena itu, masyarakat setempat sering merayakan malam 1 Suro dengan melakukan ritual ziarah ke makam dan memperingati leluhur mereka. Tradisi ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan masih dilestarikan hingga saat ini.

BACA JUGA:Kata dr Zaidul Akbar, Minum Cuka Apel Sebelum Makan Bisa Cegah Lonjakan Gula, Begini Resepnya

Daftar Weton Tulang Wangi

Weton tulang wangi menjadi salah satu dari sekian banyak perhitungan weton dalam budaya Jawa yang dipercaya memiliki hubungan erat dengan keberuntungan seseorang. 

Tulang wangi diyakini bahwa perhitungan ini berasal dari kearifan lokal turun-temurun di masyarakat Jawa.

Ada beberapa hari yang termasuk dalam weton tulang wangi. Diketahui setidaknya ada 11 hari termasuk dalam golongan weton ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Weton Senin Pon

Mereka yang lahir weton senin pon memiliki sifat jujur, sabar, rendah hati, pintar, dan berwawasan luas. Banyak memiliki bakat dan kemampuan luar biasa, sehingga dapat mencapai kesuksesan di berbagai bidang.

2. Weton Senin Wage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: