Iklan dempo dalam berita

Penasaran Siapa Sosok 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia, Mulai dari Bisnis Hingga Aset Kekayaannya

Penasaran Siapa Sosok 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia, Mulai dari Bisnis Hingga Aset Kekayaannya

Sosok 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Penasaran siapa sosok 9 naga penguasa ekonomi Indonesia mulai dari bisnis hingga aset kekayaannya.

Indonesia tak asing dengan istilah '9 Naga', merujuk pada sekelompok pengusaha terkaya dan paling berpengaruh di Tanah Air. 

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Tabel Angsuran Pinjaman Rp 50 Juta-Rp 75 Juta dan 5 Alasan Mengapa Harus Pinjam KUR BRI

Istilah ini disematkan kepada sembilan konglomerat yang memiliki kekayaan dan pengaruh besar dalam perekonomian Indonesia. 

Berikut adalah profil sembilan sosok 9 Naga yang menguasai perekonomian Indonesia, lengkap dengan bisnis dan kekayaan mereka.

BACA JUGA:Pentingnya Pap Smear, Bisa Cegah Kanker Serviks, Begini Penjelasan Dr Boyke

1. Robert Budi Hartono

Nama Robert Budi Hartono sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Bersama saudaranya, Michael Bambang Hartono, mereka merupakan orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023. 

Robert Budi Hartono adalah pemilik dari Grup Djarum, konglomerasi bisnis terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang produksi rokok kretek. 

Selain itu, ia juga menjadi pemegang saham pengendali BCA. Berdasarkan data Real Time Forbes pada Jumat, 10 Februari 2023, kekayaan Robert Budi Hartono tercatat mencapai USD 23,8 miliar atau setara dengan Rp 360 triliun.

BACA JUGA:Wow! Ini 4 Orang Crazy Rich Karena Harta Karun Hitam, Mereka Sukses Jadi Pengusaha Batu Bara di Kalimantan

2. Rusdi Kirana

Rusdi Kirana adalah konglomerat di bidang penerbangan yang juga kerap disebut sebagai salah satu dari 9 Naga.

 Ia merupakan pendiri Lion Air Group, sebuah perusahaan layanan transportasi yang menaungi beberapa entitas usaha di bidang penerbangan seperti Lion Air, Wings Air, Malindo Air, Batik Air, dan Thai Lion Air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: