Iklan dempo dalam berita

Minum Madu memang Bagus, tapi Kalau Terlalu Sering? Begini Dampaknya, Perlu Diwaspadai

Minum Madu memang Bagus, tapi Kalau Terlalu Sering? Begini Dampaknya, Perlu Diwaspadai

Dampak jika terlalu sering minum madu--

Bayi berusia di bawah dua belas bulan berisiko terkena botulisme jika diberikan madu, terlebih lagi jika terus-menerus setiap hari.

Hal ini karena madu berpotensi mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menghasilkan racun ketika tertelan. 

Racun ini dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan bayi mengalami kelemahan otot, sembelit, lemas, hingga kesulitan bernapas.

BACA JUGA:Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian dan Ini Syarat yang Dibutuhkan

6. Alergi

Meskipun jarang terjadi, makan madu setiap hari dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang. 

Gejala alergi yang mungkin muncul dapat berupa gatal-gatal, ruam, sesak nafas, sakit perut, pusing, hingga diare. 

Kondisi ini juga dapat berujung pada syok anafilaksis, yakni reaksi alergi berat yang dapat berakibat fatal jika tidak segera diatasi.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami tanda-tanda alergi setelah mengonsumsi madu, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Terlalu banyak mengonsumsi madu dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan, seperti risiko obesitas dan diabetes. 

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024, Tabel Angsuran Pinjaman Rp 100 Juta dan Cara Pinjaman Dana Anda Disetujui

Selain itu, madu juga mengandung bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, meningkatkan risiko terjadinya karies gigi.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi madu dengan bijak, memperhatikan jumlah yang tepat agar tetap merasakan manfaatnya tanpa mengalami risiko efek samping yang tidak diinginkan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa meskipun madu mengandung nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin, dan mineral, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam asupan nutrisi dan kalori. 

Selain itu, kelebihan konsumsi madu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya karies gigi karena bakteri dalam mulut dapat memfermentasi gula yang terkandung dalam madu menjadi asam, yang pada akhirnya dapat merusak enamel gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: