Iklan dempo dalam berita

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura Dihapuskan Dosa Kecil Setahun yang Lalu, Ini Jadwal Puasanya

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura Dihapuskan Dosa Kecil Setahun yang Lalu, Ini Jadwal Puasanya

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura Dihapuskan Dosa Kecil Setahun yang Lalu, Ini Jadwal Puasanya--Foto: ist

"Berpuasalah pada hari kesembilan (puasa Tasua) dan sepuluh (puasa Asyura) dan janganlah menyerupai orang Yahudi," tulis Zainuddin al-Malibary dalam kitab Irsyad al-Ibad.

Niat Puasa Tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzal yaumi 'an ada'i sunnatit Tasu'a lillahi ta'ala

Artinya: Aku berniat puasa sunah Tasu'a pada hari ini karena Allah SWT.

• Keutamaan Puasa Asyura

Selain puasa Tasua, Rasulullah SAW juga menganjurkan puasa Asyura di bulan Muharram. Keutamaan puasa Asyura adalah sebagai pelebur dosa di tahun yang lalu.

"Puasa Asyura dapat meleburkan dosa di tahun yang lalu," ungkap Rasulullah SAW seperti hadis yang diriwayatkan Abi Qatadah.

BACA JUGA:Puasa Asyura 10 Muharram, Berikut Keutamaan, Bacaan Niat dan Sejarahnya

Sementara para ulama menyebutkan keutamaan puasa Asyura karena bisa mengampuni dosa-dosa selama 60 tahun. Tentunya hal ini dengan mengharap keridhaan Allah SWT.

Kitab Tarikhul Khamis karya Syaikh Husain bin Muhammad bin Hasa Addayyari Bakri menjelaskan keutamaan puasa Asyura sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW yang bersabda:

"Barangsiapa puasa tanggal 10 Muharram, maka mendapatkan pahala 10.000 malaikat, 10.000 orang yang haji dan umrah, dan 10.000 orang yang mati syahid."

BACA JUGA:Doa dan Niat Puasa Muharram 1446 H /2024, Catat Jadwalnya

Hadis riwayat muslim yang disampaikan Abdullah Ibnu Abbas RA menyatakan bahwa puasa Asyura merupakan puasa yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Aku tidak pernah mendapati Rasulullah SAW menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya dibandingkan hari-hari yang lain kecuali hari ini yaitu hari Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: