Iklan dempo dalam berita

Menilik Cagar Alam Tertua di Indonesia, Kelestariannya Masih Dijaga hingga Sekarang!

Menilik Cagar Alam Tertua di Indonesia, Kelestariannya Masih Dijaga hingga Sekarang!

Cagar Alam Tertua di Indonesia--

Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai habitat bagi berbagai macam flora dan fauna. Keanekaragaman hayati di Tahura Pancoran Mas mencakup berbagai spesies tumbuhan dan satwa yang khas dan perlu dilindungi.

Selain itu, cagar alam ini juga berfungsi sebagai paru-paru kota, membantu menjaga kualitas udara dan lingkungan hidup di tengah padatnya kawasan perkotaan Depok.

Keberadaan ruang hijau seperti ini sangat vital dalam mengurangi polusi udara dan memberikan efek pendinginan alami bagi kota.

Tahura Pancoran Mas juga merupakan tempat yang ideal untuk berbagai kegiatan pendidikan dan penelitian. Banyak ilmuwan, pelajar, dan peneliti yang datang ke sini untuk mempelajari ekosistem hutan hujan tropis dan keanekaragaman hayati yang ada. Dengan demikian, cagar alam ini berperan penting dalam mendukung upaya pelestarian alam dan pendidikan lingkungan.

BACA JUGA:Ini Deretan 7 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Pesonanya Memikat Mata, Ada Dimana Saja?

Wisata Alam di Tengah Kota

Tidak hanya berfungsi sebagai kawasan konservasi, Tahura Pancoran Mas juga menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Kota Depok.

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam, udara segar, dan suasana tenang yang jarang ditemukan di kota besar.

Taman Hutan Raya ini menawarkan pengalaman rekreasi yang berbeda, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.
Anda bisa berjalan-jalan menyusuri jalur trekking yang tersedia, menikmati pemandangan hijau yang asri, dan mendengarkan suara burung-burung yang merdu.

Selain itu, Tahura ini juga sering digunakan untuk kegiatan rekreasi keluarga, piknik, hingga fotografi alam.
Suasana alami dan pemandangan yang indah membuat tempat ini menjadi lokasi yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman.

BACA JUGA:3 Cara Mudah Mengendarai Mobil Matic di Turunan Tajam! Dijamin Aman bagi Pemula

Lokasi, Jam Buka, dan Tiket Masuk

Tahura Pancoran Mas terletak di Jl. Cagar Alam RT. 06 RW 18, Pancoran Mas, Depok. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00.

Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung dikenakan tiket dengan harga mulai dari Rp50.000 per orang. Namun, perlu diperhatikan bahwa harus ada minimal 10 orang pengunjung agar bisa memasuki kawasan ini.

Lokasi yang mudah diakses dan fasilitas yang cukup lengkap membuat Tahura Pancoran Mas menjadi destinasi wisata alam yang cocok untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua bisa menikmati keindahan alam dan berbagai kegiatan menarik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: