Iklan dempo dalam berita

Ini Titik Operasi Patuh Semeru 2024 Jawa Timur, Upaya Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Ini Titik Operasi Patuh Semeru 2024 Jawa Timur, Upaya Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Titik Operasi Patuh Semeru 2024 Jawa Timur--

Adapun, informasi penting, bagi Masyarakat kota Batu, Polres Batu juga menggelar Operasi Patuh Semeru ini. Operasi ini digelar untuk membangun budaya tertib lalu lintas serta menekan angka kecelakaan di Kota Wisata Batu.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Ponsen Dadang Martianto mengatakan operasi ini mengusung tema 'tertib berlalu lintas demi terwujudnya indonesia emas'. Selama 2 minggu ke depan ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran prioritas.

BACA JUGA:Putusan Banding, Bandar Narkoba Kerimin Siin Divonis 15 Tahun Penjara Sesuai Tuntutan JPU Kejari Bengkulu

Mulai dari pengguna kendaraan di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI atau sabuk pengaman, melawan arus, dan menggunakan knalpot brong.

Kemudian kendaraan menggunakan sirene dan lampu strobo tidak semestinya, TNKB tidak sesuai spesifikasi teknis, overload over dimension, truk atau pikap mengangkut orang, menggunakan handphone saat berkendara serta mengkonsumsi alkohol ketika mengemudi.

BACA JUGA:Data Pelanggaran Lalu Lintas 2024, Tercatat Ada 30.468 Pelanggaran, Ini Pelanggar yang Mendominasi

Dadang juga menegaskan bagi pengendara yang tertangkap basah melakukan pelanggaran akan ditindak dengan tilang manual maupun tilang elektronik melalui ETLE. 

Tentu, dalam pelaksanaanya juga mengutamakan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat lebih tertib berkendara.

BACA JUGA:Syarat dan Cara Aktifkan Paylater Livin Mandiri, Limit Maksimal Rp 20 Juta, Angsuran Hingga 12 Bulan

Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Satlantas Polres Batu, sering ditemukan pelanggaran lalu lintas di beberapa titik. Lokasi-lokasi tersebut juga akan menjadi fokus dari Operasi Patuh Semeru 2024.

"Titik-titik yang sering dilewati dan sering ditemukan pelanggaran aturan lalu lintas itu mulai dari wilayah Pendem, Bukanyar, Mojorejo, Pasar Among Tani Kota Batu, Batos, PJA atau lebih ke Jalan Bromo-Semeru," terangnya.

"Itu wilayah-wilayah yang akan kami pantau. Karena akhir-akhir ini terlihat banyak masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas. Sehingga kami dari Polres Batu akan melakukan upaya penindakan dan edukasi," sambungnya.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Super Air Jet Kembali Buka Rute Penerbangan Bengkulu-Batam

Tak hanya di Kota Batu, Operasi Patuh Semeru ini juga tentunya dilakukan di Surabaya. Dengan tema yang sama ‘Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas’.

Mengacu kepada tema di atas, Operasi Patuh ini bertujuan untuk menekankan pentingnya keselamatan serta ketaatan lalu lintas. Hal tersebut dilakukan pihak kepolisian sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan kemajuan Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: