Iklan dempo dalam berita

Ini Bahaya Permen Karet jika Berlebihan dan Sampai Tertelan, Salah Satunya Bisa Diare

Ini Bahaya Permen Karet jika Berlebihan dan Sampai Tertelan, Salah Satunya Bisa Diare

Dampak jika berlebihan konsumsi permen karet apalagi kalau sampai tertelan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini bahaya permen karet jika berlebihan dan sampai tertelan, salah satunya bisa diare.

Siapa yang nggak suka permen karet? Dari anak-anak sampai orang dewasa, pasti banyak yang suka ngunyah permen karet karena rasanya yang enak dan bikin segar. 

Tapi hati-hati, nih! Ternyata ada bahaya yang mengintai kalau kita terlalu banyak makan permen karet, apalagi kalau sampai tertelan. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

BACA JUGA:Cara Mencuci Pakaian Menurut Islam, Mulai dari Pakaian Terkena Haid hingga Penggunaan Air

1. Gangguan Pencernaan

Permen karet itu sebenarnya nggak dicerna oleh tubuh kita. Jadi kalau tertelan, permen karet bakal tetap utuh dalam perut dan usus kita. 

Walaupun kebanyakan permen karet bakal keluar lewat kotoran, tapi kalau sering tertelan, bisa aja permen karet itu nyangkut dan bikin masalah di saluran pencernaan kita. Mulai dari perut yang nggak enak sampai sembelit.

2. Diare

Nah, ini dia salah satu masalah yang bisa timbul kalau kita kebanyakan ngunyah permen karet, terutama yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol atau manitol. 

BACA JUGA:Jangan Menyimpan Benda Berikut di Dalam Kamar Mandi, Demi Kesehatan dan Kenyamanan Keluarga

Pemanis buatan ini bisa bikin pencernaan kita jadi berantakan dan akhirnya menyebabkan diare. Diare yang terus-menerus bisa bikin tubuh kita kehilangan banyak cairan dan elektrolit, yang pastinya nggak baik untuk kesehatan.

3. Perut Kembung dan Gas Berlebih

Mengunyah permen karet bisa bikin kita telan banyak udara. Udara yang masuk ke perut ini bisa bikin kita kembung dan sering buang angin. 

Belum lagi kalau permen karet yang kita kunyah mengandung pemanis buatan, yang bisa bikin produksi gas di dalam perut jadi lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: