Iklan dempo dalam berita

12 Bank di RI Lenyap 2024, Ini Tanda-tanda Bank akan Bangkrut dan Solusi Bagi Nasabah

12 Bank di RI Lenyap 2024, Ini Tanda-tanda Bank akan Bangkrut dan Solusi Bagi Nasabah

Tanda-tanda Bank Bangkrut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 12 Bank di RI lenyap 2024, ini tanda-tanda bank akan bangkrut dan solusi bagi nasabah.

Belakangan ini terdapat 12 bank perekonomian rakyat (BPR) bangkrut di Indonesia dan telah dicabut izin usahanya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sepanjang 2024 berjalan.

BACA JUGA:Foto yang Lama Jelek? Begini Cara Merubah Foto KTP, Lengkapi Persyaratannya

12 bank itu perekonomian rakyat (BPR) yang izinnya OJK ini dicabut sejak Januari-Mei 2024. Jumlah itu sudah tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan angka tahun lalu.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, setiap tahun ada sebanyak 6 hingga 7 BPR jatuh.

Permasalahan bank-bank yang jatuh itu biasanya dipicu oleh mismanagement pemiliknya. LPS telah menyiapkan anggaran penyelamatan 12 BPR tahun ini.

Namun begitu, Purbaya mengatakan realisasi pencairan anggaran penyelamatan bank jatuh itu tergantung dengan keadaan, bisa saja lebih sedikit atau banyak yang akan jatuh, mempertimbangkan program konsolidasi BPR dari OJK.

BACA JUGA:Gadai Mobil Toyota Avanza Dapat Uang Berapa? Begini Cara Menghitungnya

Terkait bank yang mengalami kebangkrutan ini bukan hanya fenomena ekonomi lokal, tetapi juga memunculkan dampak yang meluas bagi para nasabah.

Lalu, apa saja tanda-tanda bank yang terancam bangkrut?

Tanda-tanda Bank Bangkrut

1. Mengalami Kerugian Terus Menerus

Setiap bank selalu merilis laporan keuangan secara periodik. Dalam laporan tersebut akan dipaparkan keuntungan dan kerugian yang diterima dalam periode yang bersangkutan.

Bank yang sehat tentu akan mendapatkan keuntungan atau laba yang besar. Sebaliknya, ciri bank tidak sehat adalah yang mengalami kerugian terus menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: