Iklan dempo dalam berita

Catat, Ini Kriteria Mobil Diesel yang tidak Bisa Minum Solar Subsidi 2024

Catat, Ini Kriteria Mobil Diesel yang tidak Bisa Minum Solar Subsidi 2024

Kriteria Mobil Diesel yang tidak Bisa Minum Solar Subsidi 2024--

1. Lakukan pemanasan pada mobil diesel sebelum digunakan

Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum menggunakan mobil diesel adalah memanaskannya terlebih dahulu. Tentu saja terdapat alasan tersendiri mengapa Sahabat harus melakukan hal ini.

Pemanasan mobil ini bertujuan agar oli yang terdapat pada mesin bisa bersirkulasi terlebih dahulu sehingga bisa melakukan fungsinya, yakni melumasi setiap komponen yang ada di dalam mesin secara maksimal.

Tak perlu waktu yang terlalu lama untuk memanaskan mobil diesel ini, cukup dengan 5 hingga 10 menit sudah cukup dengan keadaan mesin langsam atau idle. Meski bandel, namun mobil diesel juga perlu rutin dirawat.

BACA JUGA:Solusi Saat Harga BBM Naik, Ini 5 Rekomendasi Motor Bebek dan Matic Super Irit di Tahun 2024

2. Tepat memilih oli

Oli yang digunakan pada mesin diesel tentu saja sangat berbeda dengan oli mobil bensin. Karakteristik mesin diesel yang lebih tinggi temperaturnya memerlukan oli yang lebih kental dibandingkan mobil bermesin bensin.

Sejatinya tak sulit memilih oli yang. Karena setiap pabrikan mobil sudah memberikan informasi tentang jenis oli yang cocok untuk mobil diesel. Yang harus diperhatikan adalah keaslian dari oli yang dibeli.

BACA JUGA:Gak Khawatir Harga BBM Naik, Ini Rekomendasi Motor Bebek Paling Irit BBM di Tahun 2024 Untuk Harian

3. Bahan bakar berkualitas

Bahan bakar menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi usia dari mesin mobil diesel yang dimiliki. Semakin bagus kualitas dari bahan bakar yang dipilih, maka semakin awet juga usia komponen pada mesin mobil diesel.

Bahan bakar dengan kualitas buruk memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Kandungan sulfur yang tinggi inilah yang menjadi penyebab rusaknya beberapa komponen yang terdapat di dalam mesin, seperti injector.

BACA JUGA:Adu Irit Konsumsi BBM Motor Lawas, Mulai dari Honda Supra X Sampai Suzuki Shogun, Kamu Pernah Punya?

4. Rutin mengganti filter bahan bakar

Rutin mengganti filter bahan bakar menjadi salah satu cara merawat mobil diesel agar mesin awet selanjutnya yang harus diperhatikan. Filter berfungsi untuk menyaring kotoran dan kandungan air yang kadang terdapat dalam bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: