Iklan dempo dalam berita

Heboh Soal JIS, Ini 3 Jenis Rumput Lapangan Bola Terbaik Sesuai Standar FIFA

Heboh Soal JIS, Ini 3 Jenis Rumput Lapangan Bola Terbaik Sesuai Standar FIFA

3 Jenis rumput lapangan bola terbaik sesuai standar FIFA--ist

3. 100 persen rumput sintetis (buatan)

FIFA juga membagi dua kelompok jenis rumput berdasarkan biologi dasar dan adaptasi iklimnya. Kelompok pertama adalah rumput musim dingin yang cocok untuk menggunakan rumput jenis perennial ryegrass atau Kentucky bluegrass.

Sedangkan untuk rumput musim hangat atau tropis seperti Indonesia, lebih ideal menggunakan rumput berjenis Bermuda atau Zoysia.

Sebenarnya jenis rumput yang dipakai JIS sudah memenuhi kualifikasi FIFA.  Bahkan rumput hibrida sendiri sudah dipakai di stadium bertaraf internasional seperti di Allianz Arena, Stadion Tottenham Hotspur, dan Wanda Metropolitano.

BACA JUGA:Cara Cek Asuransi Mobil, Mudah dan Cepat, Bisa Dilakukan Via Online Maupun Offline!

Tapi sayangnya, sistem penanaman rumput ini tidak memenuhi kualifikasi dari FIFA.

Berdasarkan pernyataan Qamal Mutaqin, Chairman Karya Rama Prima (KaerPe), masalah utama dari rumput ini terletak dari media tanam yang dangkal sehingga akarnya tidak tembus sampai lapisan paling bawah.

Selain itu, rumput berjenis ini membutuhkan pasokan air dan sinar matahari yang cukup. Namun mengingat media tanamnya yang dangkal, pasokan air jadi tidak terpenuhi.

Tidak hanya itu, rumput hibrida juga membutuhkan sinar matahari selama delapan jam penuh. Namun rumput di bagian sebelah selatan hanya mendapatkan sinar matahari selama 6 jam saja.

Itulah sebabnya Menteri PUPR dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir ingin melakukan renovasi kepada JIS supaya stadion ini memenuhi kualifikasi FIFA dan dapat menjadi venue utama Piala Dunia U-17 mendatang.

BACA JUGA:Inilah 4 Hewan yang Disukai Nabi Muhammad, Umat Muslim Dilarang Melukainya

Jenis Rumput untuk Lapangan Sepak Bola yang Sesuai Standar FIFA

Dalam Panduan Stadion Sepak Bola FIFA disebutkan bahwa pilihan rumput bergantung pada kebutuhan tiap proyek, dan ada 3 tipe utama yang dapat dipilih, antara lain: 

- 100% rumput natural.

- Rumput hybrid (serat sintetis ditambahkan pada rumput natural untuk tujuan penguatan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: