Iklan dempo dalam berita

5 Bahan Alami Bisa Diracik Jadi Lulur Alami, Menjaga Kesehatan Kulit Juga Bisa Memutihkan

5 Bahan Alami Bisa Diracik Jadi Lulur Alami, Menjaga Kesehatan Kulit Juga Bisa Memutihkan

5 Bahan Alami Bisa Diracik Jadi Lulur Alami, Menjaga Kesehatan Kulit Juga Bisa Memutihkan--foto:ist

Kulit yang cerah bisa diperoleh dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan oatmeal, susu, madu, dan gula merah dalam satu campuran lulur yang bermanfaat mengelupas sel kulit mati dan mencerahkan. Racikan ini cocok buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Untuk mengubah kulit kusam karena terpapar matahari dan menenangkan serta melembutkan, campurkan setengah cangkir oatmeal matang, seperempat cangkir susu, setengah sendok makan gula merah, dan seperempat cangkir madu.

Campurkan semua bahannya dan aduk hingga mencapai tekstur yang kental. Racikan lulur homemade tersebut bisa kamu aplikasikan pada kulit dua hingga tiga kali seminggu.

BACA JUGA:Siapa Sangka 6 Buah Ini Bisa Menjaga Kesehatan Kulit Wajah, Bikin Sehat dan Glowing Lho

3. Lulur kunyit untuk memutihkan badan

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang paling sering dipakai untuk lulur. Umumnya, orang Asia menggunakan bahan ini untuk mendapatkan semua manfaat kecantikan. Kunyit, memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang berkhasiat. Lulur kunyit juga dapat membuat kulitmu tampak bercahaya alami dan teksturnya lembut.

Cara membuat lulur kunyit untuk memutihkan badan, siapkan satu sendok takar gula putih, satu sendok minyak kelapa, dan dua sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan tersebut hingga merata dan aplikasikan pada kulit ketika masih basah. Pijat lembut dan diamkan selama dua menit. Terakhir, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk lembut untuk mengeringkan.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Kulit Mudah dan Murah, Cukup Rutin Konsumsi 10 Jenis Buah Ini Saja

4. Apel dan madu

Buah-buahan juga bisa diolah di rumah menjadi masker alami untuk badan. Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit ialah buah apel. Di dalam buah apel mengandung asam dan enzim buah alami yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati. Ketika asam buah dikombinasikan dengan madu yang bersifat antibakteri, maka bisa dipakai untuk kulit berminyak dan berjerawat. Fungsinya untuk membuat kulit mendapatkan nutrisi dengan baik, mengurangi risiko breakout, dan kulit terlihat lebih glowing.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat lulur alami ini, daging buah dari satu buah apel, setengah sendok makan madu, dan setengah sendok teh minyak jojoba. Cara mengolahnya, haluskan buah apel saring airnya. Campur apel dengan semua bahan dalam mangkuk dan aplikasikan pada kulit. Oleskan dengan gerakan melingkar ke kulit yang telah dibersihkan. Lakukan gerakan ini selama satu menit. Kemudian, diamkan selama lima menit dan bilas menggunakan air hangat.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Masker Daun Kelor Untuk Kesehatan Kulit, Coba Lakukan di Rumah Pakai Cara Ini

5. Lulur alami dari beras

Dalam Ayurveda, beras dipercaya dan dibuktikan bermanfaat. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga untuk perawatan kulit. Kulit yang sehat bisa didapat dengan, salah satunya, memakai rutin lulur beras. Beberapa produk lulur pun juga memformulasikan beras sebagai bahan yang berkhasiat untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Menurut dokter Brahmanand Nayak, beras putih bermanfaat untuk mengurangi pigmentasi pada kulit wajah, leher, ketiak, maupun lutut. Selain itu, scrub dari beras putih juga bisa mengangkat sel kulit mati dan cepat mencerahkan kulit karena mengandung asam amino, para-aminobenzoic acid, ferulic acid, dan allantation. Keempat kandungan tersebut mampu membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV, sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi, dan mengeksfoliasi.

Cara membuat lulur beras, siapkan satu cangkir beras yang dihaluskan dan setengah cangkir susu. Campurkan kedua bahan tersebut, dan aplikasikan pada kulit dengan gerakan memutar. Pakai secara merata dari wajah hingga leher. Masker beras ini juga bisa dipakai di bagian tubuh area yang menghitam. Kemudian diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Jangan lupa mengeringkan secara lembut menggunakan handuk berbahan lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: