Iklan dempo dalam berita

7 Jenis Tanaman Liar yang Punya Nilai Jual Tinggi, Coba Cek Siapa Tahu Ada Disekitar Rumahmu

7 Jenis Tanaman Liar yang Punya Nilai Jual Tinggi, Coba Cek Siapa Tahu Ada Disekitar Rumahmu

7 Jenis Tanaman Liar yang Punya Nilai Jual Tinggi--

5. Keladi Liar

Keladi merupakan salah satu tanaman yang tumbuh dengan liar yang memiliki bentuk daun unik bermotif abstrak dengan aneka warna yang cantik. 

Tampilannya yang unik membuat keladi kerap dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Keladi dapat ditempatkan pada pot kecil dan disimpan di area yang tidak langsung terkena cahaya matahari di rumah. Karena tampilannya yang menarik tersebut, tanaman liar ini juga bernilai ekonomis tinggi. 

Satu pot tanaman keladi dijual bervariasi mulai dari Rp12 ribu, tergantung dari ukuran dan jumlah daunnya.

BACA JUGA:Jangan Coba Tanam di Depan Rumah! Konon 12 Jenis Tanaman Ini Bawa Aura Negatif dan Bisa Dilanda Nasib Buruk

6. Porang

Porang adalah tanaman sejenis iles-iles tetapi dengan tekstur dan karakter umbi yang berbeda. Umbi porang memiliki warna kulit luar kecokelatan dan warna umbi dalam kekuningan. 

Tanaman porang ini banyak tumbuh di kepulauan Jawa, Indonesia, baik tumbuh secara liar maupun dibudidayakan oleh masyarakat. Tanaman ini banyak dipesan oleh perusahaan makanan di Jepang dan negara Asia lainnya. 

Cara pengolahannya sama dengan tanaman iles-iles dan memiliki harga jual sekitar Rp15 ribu per kilogramnya.

BACA JUGA:Mau Rumah Kedatangan Hoki? Ini 13 Jenis Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Primbon Jawa

7. Mengkudu

Mengkudu adalah tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun tidak banyak orang yang mengetahuinya dan menganggapnya sebagai hama tanaman yang tumbuh liar. 

Buah mengkudu berstruktur seperti buah nanas, berwarna putih kekuningan dan memiliki aroma yang sangat tidak sedap apabila sudah matang. 

Buah ini tidak bisa langsung dikonsumsi sehingga perlu diolah terlebih dahulu. Saat ini banyak perusahaan besar, menengah, dan kecil yang mengolah buah mengkudu dengan cara dikeringkan atau difermentasi.

Adapun mengkudu kering dijual dengan harga sekitar Rp20 ribu per kilogram. Sementara harga air fermentasi buah mengkudu bernilai jual Rp10 ribu per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: