Iklan dempo dalam berita

Anak Punya Keluhan Demam Usai Imunisasi? Ini Tindakan yang Harus Bunda Lakukan!

Anak Punya Keluhan Demam Usai Imunisasi? Ini Tindakan yang Harus Bunda Lakukan!

Imunisai Anak--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Anak punya keluhan demam usai imunisasi? Ini Tindakan yang harus bunda lakukan!

Moms, imunisasi merupakan cara terbaik untuk melindungi bayi dari paparan penyakit akibat virus, kuman, dan bakteri.

BACA JUGA:Ayah dan Anak Dibekuk Polisi Karena Mencuri Bersama Keponakan

Saat ini Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI merekomendasikan setiap bayi lahir untuk dilakukan imunisasi dasar yang diwajibkan oleh pemerintah serta imunisasi tambahan.

Penyakit yang bisa dicegah dengan cara imunisasi meliputi TBC, hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, pneumonia, gondongan, diare akibat rotavirus, campak rubella, serta kanker serviks.
Meskipun mampu memberikan perlindungan dari berbagai penyakit, namun banyak orang tua merasa was-was setiap mendekati jadwal imunisasi bayi.

Pasalnya, imunisasi kerap memberikan efek ‘rewel’ pada bayi yang membuat orang tua khawatir. Tak jarang demam menyerang bayi usai imunisasi. Bayi rewel bahkan demam setelah imunisasi, hal inilah yang membuat orang tua tak nyaman.

BACA JUGA:Hoki Banget! Bocah SD Temukan Emas saat Bermain, Langsung Ditawar Rp 223 Juta

Tips Mengatasi Demam setelah Imunisasi

Meskipun demam setelah imunisasi adalah hal yang lazim terjadi, namun Moms tetap perlu memastikan kenyamanan buah hati. Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba:

1. Temani buah hati

Temani buah hati dan berikan perhatian penuh saat ia terserang demam. Pastikan Moms untuk selalu bersamanya selama 3-4 jam setelah imunisasi. Sebab, kehadiran Moms di sisinya akan membuatnya merasa tenang dan nyaman.

2. Kenakan Pakaian yang Longgar

Kenakan buah hati dengan pakaian yang ringan dan nyaman atau tutupi tubuhnya dengan selimut yang lembut. Hindari mengenakannya pakaian berlapis-lapis atau selimut yang terlalu tebal. Hal ini justru bisa menghambat suhu panas keluar dari tubuhnya.

3. Pastikan Tetap Terhidrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: