Iklan dempo dalam berita

Daftar 7 Cabor Tertua di Dunia, Sudah Ada Sejak 15 Ribu Tahun Lalu

Daftar 7 Cabor Tertua di Dunia, Sudah Ada Sejak 15 Ribu Tahun Lalu

Cabor Tertua di Dunia--

Relief kuno itu menggambarkan dua pria yang tampaknya tengah terlibat dalam pertarungan tanpa menggunakan pelindung tangan.

Kedua pria itu berdiri berhadapan satu sama lain dengan lengan mereka ditekuk, dan tinjunya terkunci. Sementara itu, orang Minoan adalah peradaban manusia yang pertama kali menggunakan sarung tangan tinju.

Pada ajang Olimpiade, olahraga tinju mulai muncul pada tahun 688 SM di mana para petinju melilitkan tangan mereka dengan kain. Tinju modern semakin berkembang di Inggris, terutama pada abad ke 16 hingga 18.

BACA JUGA:Jokowi Perdana Berkantor di IKN Hari Ini, Intip Progres Pembangunannya

6. Tsu Chu atau Cuju

Tsu Chu atau Cuju adalah permainan bola kuno Tiongkok yang muncul sekitar tahun 2500 SM yang telah mendapatkan pengakuan FIFA sebagai bentuk sepak bola awal.
Meskipun ada pandangan yang menyatakan bahwa sebenarnya, sepak bola modern berkembang dari “sepak bola mob” yang tidak ada hubungannya dengan Cuju.

Olahraga Tsu Chu populer pada era Dinasti Han, namun mulai merosot selama Dinasti Ming. Permainan ini juga dikenal di luar Cina seperti Korea, Jepang, dan Vietnam.
Di Jepang, permainan ini dikenal sebagai “kemari” dan masih dimainkan di Kyoto serta beberapa kuil lainnya di Jepang.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di DANA Tanpa Paylater, Bisa Cair Rp 500 Ribu, Nikmati Keuntungannya!

7. Senam

Terakhir dalam daftar cabang olahraga tertua di dunia adalah Senam yang dikembangkan orang Yunani kuno sekitar tahun 500 SM.
Selama periode Helenistik Yunani, senam menjadi populer di kalangan warga biasa dan diikutsertakan dalam Olimpiade.

Tentara Romawi, yang menginvasi Yunani kemudian mengadopsi olahraga ini untuk pelatihan pasukannya. Sayangnya, sempat ada larangan terhadap permainan ini pada 393 M sehingga membuatnya hampir musnah.

Namun, pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, dua dokter Jerman, Johann Friedrich GutsMuths dan Friedrich Ludwig Jahn, memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali ketertarikan pada senam.

Mereka menciptakan latihan khusus untuk anak laki-laki dan remaja putra yang melibatkan gerakan-gerakan yang sekarang kita kenal dalam senam modern.

Cabang olahraga tertua di dunia adalah berbagai macam olahraga yang sudah banyak dilakukan bahkan pada masa sebelum Masehi. Walau kala itu olahraga digunakan sebagai ajang pertarungan, namun hal tersebut jugalah yang membantu tubuh mereka terjaga kebugarannya.

Demikianlah ulasan mengenai, daftar 7 cabor tertua di dunia, bahkan beberapa sudah ada sejak 15 ribu tahun yang lalu.

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: