Iklan dempo dalam berita

Ada Hujan Meteor Ganda di Indonesia, Kapan Waktu Terjadinya?

Ada Hujan Meteor Ganda di Indonesia, Kapan Waktu Terjadinya?

Hujan Meteor Ganda Akhir Juli 2024--

Hujan muson adalah hujan musiman yang dipicu oleh perubahan arah angin muson. Contohnya hujan muson timur di Indonesia yang terjadi selama musim penghujan. Angin muson bertiup dari wilayah yang lebih dingin ke wilayah yang lebih hangat, membawa bersama awan dengan curah hujan yang tinggi.

Jenis hujan muson umumnya terjadi di wilayah yang memiliki perbedaan jelas antara musim penghujan dan kemarau, seperti Indonesia. Hujan muson lebih merupakan pola kejadian hujan daripada jenis proses terjadinya hujan. Pola hujan monsun termasuk tipe unimodial karena memiliki satu puncak musim hujan.

Di Indonesia, angin monsun barat (bergerak dari Asia ke Australia) lebih banyak mengakibatkan hujan dan terjadi pada bulan Oktober sampai April. Sebaliknya angin monsun timur (bergerak dari Australia ke Asia) membawa hujan lebih sedikit sehingga mengakibatkan kemarau.

Di antara wilayah Indonesia yang memiliki pola hujan monsun adalah pulau Jawa, sebagian Sumatra yang menghadap ke selat Malaka, sebagian Kalimantan di bagian selatan, Bali dan nusa tenggara, serta sebagian kecil Sulawesi, Maluku dan Papua.

Demikian ulasan mengenai apa itu hujan ganda dan kapan terjadinya. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: