Iklan dempo dalam berita

Ingin Membuka dan Memulai Usaha Laundry? Ini Peralatan yang Harus Disiapkan Pemula

Ingin Membuka dan Memulai Usaha Laundry? Ini Peralatan yang Harus Disiapkan Pemula

Usaha Laundry--

Perlengkapan selanjutnya tentu saja mesin cuci. Dewasa ini, mencuci dengan menggunakan tangan sudah tidak lagi efektif dan efisien, kecuali untuk pakaian tertentu. Oleh karena itu, yang harus menjadi perhatian Anda saat ini adalah menemukan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini, mesin cuci terdiri dari dua jenis yaitu top load dan front load. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Mesin cuci top load dikenal lebih andal karena mampu menahan beban yang cukup berat. Mesin cuci top load juga relatif lebih murah ketimbang mesin cuci front load, sehingga dapat menjadi poin plus jika modal Anda terbatas. Hanya saja, mesin cuci top load membutuhkan air dan deterjen lebih banyak untuk mencuci pakaian.

Di sisi lain, mesin cuci front load lebih praktis karena Anda tidak harus repot-repot mengangkat pakaian yang ingin dicuci.

Mesin cuci front load juga lebih hemat air, menghasilkan cucian yang lebih bersih, dan lebih aman untuk jenis pakaian tertentu. Hanya saja, jenis mesin cuci ini terbilang cukup mahal. Jadi, kembali lagi, sebaiknya pilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja.

BACA JUGA:3 Pejabat Utama Polres Seluma Resmi Berganti, Kapolres Tekankan Ini

3. Plastik kemasan

Setelah pakaian selesai dicuci, dikeringkan, dan disetrika, kini saatnya dikemas supaya bisa diambil oleh pelanggan. Untuk itu, jangan lupa sediakan plastik kemasan untuk menjaga kebersihan pakain dari pelanggan.

Anda bisa dengan mudah temukan plastik pembungkus pakaian dalam berbagai ukuran di toko online atau pun offline.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengemas pakaian pelanggan yaitu pastikan seluruh pakain tersebut telah kering dengan sempurna. Jika ternyata pakaian-pakaian tersebut masih lembap, maka bisa menimbulkan bau kurang sedap dan juga jamur.

4. Hanger dan jemuran

Jika Anda memiliki modal terbatas, sehingga masih mengandalkan panas matahari sebagai pengering, maka hanger dan jemuran tidak boleh absen.

Hanger dan jemuran memang menjadi perlengkapan standar dalam mencuci pakain, namun ada satu hal yang harus Anda perhatikan, yaitu bahan dari hanger dan jemuran yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan hanger dan jemuran kawat, maka pastikan kawat tersebut terbuat dari stainless steel atau setidaknya memiliki lapisan plastik di bagian luar. Tujuannya adalah untuk mencegah adanya karat yang mampu merusak warna pakaian. Tentu Anda tidak ingin mendapat teguran dari pelanggan bukan?

Sebaliknya, jika Anda menggunakan hanger dan jemuran dari plastik, maka pastikan kualitas plastiknya cukup baik untuk digunakan dalam waktu yang lama.
Selalu ingat untuk berhati-hati dalam menggunakan jemuran dan hanger plastik guna mengurangi kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: