Iklan dempo dalam berita

Peta Harta Karun Berlian di Indonesia, Lokasinya Berada di 5 Wilayah Ini

Peta Harta Karun Berlian di Indonesia, Lokasinya Berada di 5 Wilayah Ini

Peta Harta Karun Berlian di Indonesia --

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa daerah penghasil intan yang tersebar di Indonesia, namun kandungan kimia di dalamnya berbeda satu sama lain, meliputi :

1. Kalimantan Utara

Pulau Kalimantan termasuk Provinsi Kalimantan Utara memiliki kandungan intan, terutama di Tanah Borneo. Intan yang dihasilkan disana mempunyai kualitas yang tinggi walaupun masih tergolong baru. Bahkan, kualitasnya pun tidak kalah bagusnya dengan kualitas batu intan yang dihasilkan oleh kawasan pulau Kalimantan yang lain.

Dari hasil pertambangan intan yang berkualitas tinggi di Kalimantan Utara itulah pendapatan nasional meningkat.

Pengelolaan pertambangan intan yang terdapat di daerah ini dilakukan oleh banyak perusahaan besar dengan jalinan kerjasama bersama pemerintah setempat dalam rangka berupaya meningkatkan hasil tambang dan memperluas area pertambangan. 

2. Kalimantan Barat

Kawasan Kalimantan Barat juga menyimpan kekayaan alam berupa bebatuan seperti intan yang memiliki nilai jual tinggi. Tak heran jika Kalimantan Barat menjadi salah satu daerah yang menyumbang intan ke beberapa wilayah secara nasional. Di kawasan ini terdapat pusat penambangan intan yang sudah berdiri sejak lama dan kini menjadi semakin luas.

Bahkan, seperempat wilayah ini dikuasai oleh pusat penambangan intan tersebut. Lokasi yang menjadi pusat penambangan intan di Kalimantan Barat paling besar adalah di sungai Landak. 

Kandungan mineral dengan harga tinggi terdapat di sepanjang sungai tersebut dan para penambang melakukan penggalian disana.

BACA JUGA:Inilah Daftar 6 Provinsi Miskin di Jawa 2024, di Kota Pelajar Ada 445.055 Penduduk Miskin

3. Kalimantan Tengah

Masih di tanah Kalimantan, Kalimantan Tengah juga merupakan daerah di dalam wilayah Indonesia yang menghasilkan intan dalam jumlah besar. Bahkan, hasil intan dari daerah ini tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri saja, melainkan juga diekspor ke mancanegara. Di daerah Kalteng senidri ada beberapa titik lokasi pertambangan.

Titik lokasi pertambangan intan tersebut tersebar di keseluruhan kawasan Kalimantan Tengah secara meluas dan pengelolaannya dilakukan oleh beberapa perusahaan besar.

Bahkan hingga kini pun beberapa lokasi pertambangan intan masih aktif berjalan dan semakin meluas. 

4. Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: