Iklan dempo dalam berita

5 Kabupaten Terkaya di Jawa Barat 2024, PDRB Tertinggi Capai Rp38 Juta

5 Kabupaten Terkaya di Jawa Barat 2024, PDRB Tertinggi Capai Rp38 Juta

5 Kabupaten Terkaya di Jawa Barat 2024--

Kabupaten Bekasi adalah salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia.  Pada tahun 2021, PDRB Kabupaten Bekasi mencapai Rp107.801.000. Sedangkan, jumlah penduduk Kabupaten Bekasi mencapai 3,899 juta jiwa pada tahun 2020. 

4. Kabupaten Karawang

Selain Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang juga dikenal sebagai kawasan industri. Pada tahun 2021, PDRB Kabupaten Karawang mencapai Rp98.726.000. Dengan luas wilayah 1.753, Kabupaten Karawang memiliki kepadatan penduduk 1.258 orang/km2. 

5. Kabupaten Purwakarta

Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu kawasan industri dan pertanian di Indonesia.  PDRB Kabupaten Purwakarta mencapai Rp69.985.000 dan menduduki peringkat kelima dalam daftar daerah terkaya di Jawa Barat. 

Itulah 5 daftar kabupaten terkaya di Jawa Barat. Sebagai informasi tambahan, simak juga sumber kekayaan alam Jawa Barat dan keistimewaannya berikut ini.

BACA JUGA:Sampai Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Dibuka? Ikuti Langkah Pendaftarannya

Jawa Barat adalah sebuah provisi yang berada di bagian ujung barat Pulau Jawa. Provinsi yang beribukota di Bandung ini memiliki sejumlah potensi sumber daya alam yang mendukung pertumbuhan sektor ekonomi wilayah Jawa Barat. 

Berikut adalah beberapa jenis sumber daya alam yang terdapat di Jawa Barat

1. Pertanian dan Perkebunan

Sektor pertanian dan perkebunan di Provinsi Jawa Barat merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi ke-3 di provinsi ini. Meski demikian sektor ini terus mengalami pertumbuhan yang positif.

Sentra pertanian di Jawa Barat berada di beberapa kawasan seperti di sepanjang Pantura, Priangan Timur, Indramayu, Kawarang, dan Subang.

Adapun komoditas pertanian dan perkebunan utama di Jawa Barat antara lain padi, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, kelapa sawit, teh, cengkeh, tembakau dan tebu.

BACA JUGA:Review Samsung Galaxy S24, Hp yang Didukung Fitur Kecerdasan Buatan (AI)

2. Energi dan Pertambangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: