Iklan dempo dalam berita

Sebelum Berinvestasi, Ini Cara Cek Kurs Valuta Asing dan Pilihan Mata Uangnya, Wajib Dipahami

Sebelum Berinvestasi, Ini Cara Cek Kurs Valuta Asing dan Pilihan Mata Uangnya, Wajib Dipahami

Cara Cek Kurs Valuta Asing--

3. Mengunjungi website resmi bank

Jika Anda ingin informasi yang lebih lengkap seputar kurs mata uang asing, mengunjungi website resmi sebuah bank adalah langkah yang tepat. Anda bisa mengecek kurs mata uang asing di website HSBC untuk mendapatkan informasi lengkap kurs mata uang asing dunia secara real-time. Ada kurs jual dan beli mata uang Euro ke Rupiah, bahkan info kurs ringgit hari ini juga tersedia.

Itulah mengenai cara cek Kurs valuta asing. Sementara itu, ketahui juga fungsi dan jenis-jenisnya berikut ini.
Fungsi Valuta Asing

Seiring perkembangan dunia, khususnya dalam bidang ekonomi membuat sektor perdagangan ikut berkembang sehingga banyak negara yang melakukan perdagangan internasional. Dalam perdagangan internasional dibutuhkan alat pertukaran mata uang dunia dan alat itu adalah valuta asing.

BACA JUGA:Harga Sawit di Sumatera Selatan, Ditetapkan Naik Periode 31 Juli 2024, Segini Angka Kenaikannya

Valuta asing memiliki tiga fungsi, yaitu alat tukar dan pembayaran internasional, alat pengendali kurs, dan alat memperlancar perdagangan internasional. Agar lebih mengerti tentang ketiga fungsi tersebut. Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Alat tukar dan pembayaran internasional

Pada umumnya, semua transaksi membutuhkan alat tukar seperti uang. Dalam perdagangan internasional baik berupa barang atau jasa alat tukar menukar yang digunakan ialah valuta asing.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa valuta asing berfungsi sebagai uang yang digunakan untuk alat tukar menukar dalam perdagangan internasional baik berupa barang atau jasa.

Contoh kasus jika valuta asing berfungsi sebagai alat tukar dan pembayaran internasional adalah ketika Indonesia mengimpor kendaraan dari Jepang, maka penduduk mata uang yang harus dibayarkan ke orang Jepang adalah mata uang Yen.

2. Alat pengendali kurs

Kurs mata uang yang dimiliki oleh suatu negara akan terus berubah sehingga membutuhkan sebuah alat untuk mengendalikan perubahan pada kurs mata uang negara lain dan alat itu adalah kurs valuta asing.

Penggunaan kurs valuta asing tertentu pada suatu negara, maka negara tersebut bisa mengatasi atau mengendalikan nilai tukar mata uang menjadi lebih mudah.

Misalnya, dengan adanya kurs Rupiah ke Dolar Amerika Serikat, maka nilai tukar Rupiah bisa diketahui apakah sedang mengalami kenaikan atau penurunan. Dengan kata lain, kurs menjadi tolok ukur menjaga kestabilan nilai mata uang suatu negara.

BACA JUGA:Harga Sawit di Sumatera Selatan, Ditetapkan Naik Periode 31 Juli 2024, Segini Angka Kenaikannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: