Iklan dempo dalam berita

Sebelum Berinvestasi, Ini Cara Cek Kurs Valuta Asing dan Pilihan Mata Uangnya, Wajib Dipahami

Sebelum Berinvestasi, Ini Cara Cek Kurs Valuta Asing dan Pilihan Mata Uangnya, Wajib Dipahami

Cara Cek Kurs Valuta Asing--

3. Alat memperlancar perdagangan internasional

Dalam perdagangan internasional membutuhkan kelancaran dalam transaksi supaya tidak memerlukan waktu yang banyak.

Valuta asing merupakan alat yang bisa memperlancar transaksi perdagangan internasional sehingga proses jual beli berjalan dengan lancar tanpa terkendala dengan mata uang yang dimiliki masing-masing negara.
Oleh karena itu, setiap negara yang ingin bertransaksi di perdagangan internasional memerlukan kurs valuta asing.

Misalnya, valuta asing yang sering digunakan dalam perdagangan internasional adalah Dolar Amerika Serikat karena mata uang tersebut mudah ditukarkan ke dalam mata uang negara lain (yang melakukan transaksi) sehingga transaksi perdagangan internasional berjalan dengan mudah.

BACA JUGA:Balita 2 Tahun Diduga Dianiaya di Daycare, Video CCTV Heboh di Media Sosial, Orang Tua Laporkan Kejadian

Jenis-Jenis Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing merupakan pasar yang digunakan sebagai transaksi pertukaran mata uang. Bagi seseorang yang baru ingin masuk ke dalam transaksi pertukaran mata uang perlu mengetahui jenis-jenis pasar valuta.

Dengan mengetahui jenis-jenis pasar valuta asing maka para pemula tidak salah langkah dalam bertransaksi pertukaran mata uang. Simak jenis-jenis pasar valuta asing sebagai berikut:

1. Pasar Spot

Pasar spot adalah pasar yang memfasilitasi transaksi penukaran mata uang yang dilakukan di bank dan money changer dengan segera. Transaksi di pasar spot biasanya dilakukan ketika sedang ingin berlibur ke luar negeri.

Para trader biasanya memainkan transaksi yang ada di pasar spot. Misalnya, ketika sudah memasuki libur masa sekolah maka permintaan Dolar Singapura akan bertambah karena banyak keluarga yang akan pergi ke Singapura.

2. Pasar Forward

Pasar forward adalah pasar yang melayani pembelian mata uang asing dengan sebuah kontrak. Biasanya, nilai kontrak pembelian mata uang di pasar ini bisa mencapai jutaan dolar AS.

Transaksi forward biasanya dilakukan oleh individu atau lembaga baik dari bank atau non bank yang sudah memiliki kontrak khusus pada suatu bank sehingga transaksi ini bisa dikatakan sebagai transaksi yang terjadi antar bank.

BACA JUGA:Harga Sawit di Sumatera Selatan, Ditetapkan Naik Periode 31 Juli 2024, Segini Angka Kenaikannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: