Iklan dempo dalam berita

Waspasa Banjir dan Longsor di Beberapa Wilayah, BMKG Prediksi Cuaca La Nina Tiba Awal Agustus

Waspasa Banjir dan Longsor di Beberapa Wilayah, BMKG Prediksi Cuaca La Nina Tiba Awal Agustus

Waspasa Banjir dan Longsor di Beberapa Wilayah, BMKG Prediksi Cuaca La Nina Tiba Awal Agustus--foto:ist

“Jadi indeks ENSO sebagai indikator El Nino telah mencapai nilai netral yaitu sebesar 0,4 sejak awal Mei 2024. Kondisi Netral ini terus berlangsung hingga pertengahan Juli 2024 dengan indeks sebesar 0,1,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Senin (29/7/2024).

Dwikorita menjelaskan fenomena El Nino berakhir karena mendinginnya suhu muka air laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur. Hal inilah yang menjadi dasar untuk dinyatakan bahwa El Nino telah berakhir dan kondisinya netral.

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca 31 Juli - 1 Agustus 2024, Kabupaten Kota Ini Berstatus Waspada

“Sebentar lagi kita akan, jadi kami telah memprediksi La Nina, jadi suhu muka air laut di Samudra Pasifik sudah mulai mendingin dan apabila semakin mendingin maka masuk ke dalam indeks yang dinyatakan sebagai La Nina,” ujar Dwikorita.

Dia mengatakan bahwa fenomena La Nina diprediksi terjadi pada Agustus-September, atau di puncak musim kemarau 2024. Fenomena La Nina diketahui peningkatan curah hujan di berbagai wilayah, yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor.

“Jadi, La Nina yang diprediksi mulai periode Agustus 2024 sebenarnya merupakan fenomena atmosfer yang ditandai dengan mendinginnya suhu muka laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur di bagian ekuator,” paparnya.

Dwikorita juga mengungkapkan bahwa dampak La Nina semakin banyaknya uap air yang masuk ke wilayah Indonesia. Sehingga meningkatkan potensi terjadinya hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Wilayah tersebut di antaranya Jawa, Sumatra bagian selatan dan timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara, sebagian Maluku.

BACA JUGA:Peringatan BMKG 31 Juli 2024, Ini Wilayah Perairan yang Waspada Gelombang Tinggi Capai 4 Meter

Dwikorita pun mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi basah yakni banjir, longsor, angin puting beliung dan luapan air. Meskipun, pada sebagian wilayah Indonesia lainnya masih mengalami kekeringan.

“Jadi di musim kemarau kali ini ada sebagian yang masih mengalami kekeringan namun sebagian wilayah lain justru dikhawatirkan akan mengalami banjir, banjir bandang dan longsor dengan masuknya La Nina, meskipun levelnya lemah tergantung pada kondisi kerusakan lahannya,” pungkasnya. 

BACA JUGA:Peringatan Cuaca BMKG Besok 31 Juli, 16 Wilayah Ini Masuk Kategori Waspada Potensi Hujan Lebat

Demikianlah ulasan informasi, waspasa banjir dan longsor di beberapa wilayah, BMKG prediksi cuaca La Nina tiba awal Agustus.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: