Iklan dempo dalam berita

Kenali, Ini Perbedaan Inflasi dan Deflasi, Indikator Pengukur Perekonomian

Kenali, Ini Perbedaan Inflasi dan Deflasi, Indikator Pengukur Perekonomian

Perbedaan Inflasi dan Deflasi--

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perubahan jumlah uang beredar di masyarakat, antara lain kebijakan moneter Bank Indonesia dengan menurunkan dan menaikkan suku bunga, perubahan jumlah cadangan perbankan (GWM), dan penjualan dan pembelian obligasi oleh BI. Kebijakan-kebijakan itu digunakan untuk mengendalikan inflasi.

2. Perubahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) juga berpengaruh terhadap inflasi. Apalagi saat ini hampir seluruh perdagangan internasional menggunakan mata uang dollar AS. Utang pemerintah dan swasta juga banyak menggunakan mata uang dollar AS.

Jika kemudian mata uang rupiah melemah terhadap dollar AS, maka impor bahan baku industri akan naik, yang menyebabkan biaya produksi naik sehingga mendorong inflasi lebih tinggi. Inflasi seperti ini juga disebut dengan imported inflation.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A73 5G, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya

3. Kenaikan dan penurunan biaya produksi (cost push)

Kenaikan dan penurunan biaya produksi barang dan jasa juga bisa menyebabkan inflasi dan deflasi. Contohnya, kenaikan harga bahan baku akan membuat biaya produksi naik, sehingga mau tidak mau industri akan menaikkan harga jual produknya. Kenaikan upah minimum (UMR) juga bisa mendorong inflasi.

4. Perubahan permintaan (demand pull)

Perubahan permintaan akibat kenaikan atau penurunan daya beli masyarakat juga bisa menyebabkan inflasi dan deflasi. Jika daya beli masyarakat tinggi dan disertai dengan konsumsi yang meningkat maka inflasi akan naik. Sebaliknya, jika kemudian daya beli turun, umpama karena kenaikan pajak penghasilan maka akan terjadi deflasi.

BACA JUGA:Update Klasemen Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024, Jumat 2 Agustus, Amerika Geser Tuan Rumah

Jenis Inflasi dan Deflasi

Selain dari faktor penyebabnya, inflasi dan deflasi, juga bisa dibedakan dari besarannya atau tingkat keparahannya, yaitu:

Janis Inflasi

1. Inflasi Ringan

Adalah inflasi yang memiliki tingkat kurang dari 10% per tahun. Tingkat inflasi seperti ini biasanya terjadi di negara-negara berkembang yang sedang dalam tahap pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: