Iklan RBTV Dalam Berita

Ini 10 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia, 6 dari Sumatera, Sumsel dan Lampung Tidak Masuk

Ini 10 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia, 6 dari Sumatera, Sumsel dan Lampung Tidak Masuk

10 Provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia--

Luas perkebunan kelapa sawit di Provinsi Bengkulu mencapai 310.672 hektar. Ada puluhan perusahaan perkebunan kelapa sawit milik swasta di Bengkulu.

 

Namun kebun kelapa sawit milik masyarakat juga luas, bahkan diperkirakan lebih luas dari perkebunan milik perusahaan.

 

Secara umum keberadaan perkebunan kelapa sawit di sejumlah daerah di Indonesia mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Masyarakat yang memiliki modal bisa memiliki kebun kelapa sawit sendiri. Sedangkan mereka yang tidak memiliki modal bisa bekerja sebagai karyawan di perusahaan perkebunan kelapa sawit atau di pabrik pengelolaan Crude Plam Oil (CPO) kelapa sawit.

 

Selain dampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, tak jarang juga keberadaan perkebunan kelapa sawit milik perusahaan dan keberadaan pabrik pengelolaan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit memantik terjadinya polemik.

 

Biasanya isu yang muncul soal perizinan, perampasan lahan masyarakat, pengelolaan limbah dan pencemaran lingkungan. 

 

Tiga Komoditi Unggulan Bengkulu

Bagian lain, Gubernur Rohidin Mersyah menerima lawatan Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia YB Datuk Hajah Zuraida Kamaruddin di Balai Raya Semarak beberapa waktu lalu.

Ini merupakan kunjungan balasan setelah beberapa waktu lalu perwakilan Pemerintah Provinsi Bengkulu ke Malaysia membicarakan peluang kerjasama di Bidang Perkebunan terutama komoditi Sawit, Karet dan Kopi.

Penjajakan kerjasama ini salah satu langkah solutif Gubernur Rohidin untuk mengatasi gejolak harga terutama sawit yang saat ini sedang anjlok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: