Iklan dempo dalam berita

Cara Ternak Ikan Nila di Kolam Terpal dan Tahapan Langkahnya, Untung Jutaan Rupiah

Cara Ternak Ikan Nila di Kolam Terpal dan Tahapan Langkahnya, Untung Jutaan Rupiah

Cara dan tahapan ternak ikan nila di kolam terpal--

- Adaptasi Benih: Masukkan air bersih setengah ember dan benih ikan nila, tunggu 30 menit. Kemudian, penuhi ember dengan air kolam dan biarkan selama 10 menit agar benih tidak stres saat dipindahkan ke kolam.

- Penebaran Benih: Tebar benih ikan secara hati-hati dan perlahan. Untuk setiap kolam, batasi penebaran maksimal 100 benih untuk setiap kolamnya.

BACA JUGA:Miris, Dosen UNY Diduga Lakukan Kekerasan ke Mahasiswa, Ini Profilnya

5. Perawatan dan Proses Panen Ikan Nila

Untuk merawat ikan nila agar mendapatkan hasil maksimal, perlu melakukan pemberian pakan dan menjaga kebersihan kolam hingga masa panen tiba. Rinciannya adalah sebagai berikut:

- Pemberian Pakan: Berikan pakan ikan nila minimal 2 kali sehari, lebih baik jika 3 kali sehari (jam 7 pagi, 5 sore, dan 10 malam). Pakan berupa pellet dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang lengkap. Bisa juga memberi pakan tambahan berupa siput sawah atau sayuran hijau seperti daun kangkung dan daun singkong yang telah dipotong halus.

- Masa Panen: Ikan nila bisa dipanen ketika usia sekitar 6 bulan dengan berat ideal rata-rata 500 gram per ekor. Pada proses panen, sortir ikan yang akan dijual ke pasar dan yang akan dikonsumsi secara pribadi.

BACA JUGA:Ultra Mikro BRI Jangkau 36,1 Juta Pelaku Usaha, Penyaluran Kredit Tembus Rp 622,3 Triliun

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, budidaya ikan nila di kolam terpal dapat dilakukan dengan efektif dan memberikan keuntungan yang signifikan.

Demikianlah informasi tentang begini cara ternak ikan nila di kolam terpal bisa untung ratusan juta. Semoga bermanfaat.

 

(Tianzi Agustin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: