Iklan dempo dalam berita

Kereta Tanpa Rel IKN akan Resmi Beroperasi Sebelum HUT RI ke-79, Kapasitas Muatan Sebanyak 302 Penumpang

Kereta Tanpa Rel IKN akan Resmi Beroperasi Sebelum HUT RI ke-79, Kapasitas Muatan Sebanyak 302 Penumpang

Kereta Tanpa Rel IKN akan Resmi Beroperasi Sebelum HUT RI ke-79, Kapasitas Muatan Sebanyak 302 Penumpang--foto:ist

Melalui sinyal ini kereta memberikan instruksi kepada lampu persinyalan pada jarak 100 meter dari lampu lalu lintas. Setelah menerima sinyal dari kereta, lampu akan menyesuaikan lampu lalu lintas untuk memastikan kereta melewati persimpangan dengan aman dan cepat.

Seperti dilansir dari detik.com, jalur ART di IKN menggunakan sensor yang terletak di atas marka jalan. Marka jalan tersebut berbentuk garis putus-putus seperti yang biasa terlihat di jalan umum. Garis putus-putus tersebut dilengkapi dengan sensor.

Saat ini, di IKN telah selesai dibuat jalur ART sepanjang 500 meter sebagai jalan percontohan, cross section.

Lokasi marka berada di ujung kiri dari satu jalan dengan enam lajur. Di ujung kiri lajur tersebut tersedia tempat untuk bus listrik sehingga bisa mengelilingi Sumbu Kebangsaan sisi barat. Seperti diketahui, semua kendaraan yang akan beroperasi di IKN berbahan bakar listrik.

BACA JUGA:Pemiliknya Sedang Pergi, Rumah di Kepahiang Habis Terbakar

Sumber Daya Kereta

Untuk bisa berfungsi, kereta tanpa rel ini menggunakan tenaga listrik yang disalurkan melalui baterai. Setiap stasiun dilengkapi dengan perangkat pengisian daya cepat.

Setiap kali kereta memasuki stasiun dan mengirimkan aplikasi pengisian daya, perangkat pengisian daya akan secara otomatis beralih ke mode pemasok daya dan kereta akan mengangkat pantograf untuk menerima daya.

Arus pengisian daya maksimum dapat mencapai 1.000 Ampere. Dengan pengisian daya selama 10 menit, kereta tanpa rel ini bisa menempuh jarak sejauh 25 km.

Rencana penggunaan kereta tanpa rel di IKN, menurut Ketua Satgas Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga kepada Detik, sudah bisa dimulai pada 1 Agustus 2024.

Demikianlah ulasan mengenai, Kereta Tanpa Rel IKN akan resmi beroperasi sebelum HUT RI ke-79, kapasitas muatan sebanyak 302 penumpang.

 

Putri Nurhidayati

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: