Iklan dempo dalam berita

5 Dampak Toxic Relationship dan Bahaya jika Tercebur dalam Lingkaran Toxic

5 Dampak Toxic Relationship dan Bahaya jika Tercebur dalam Lingkaran Toxic

5 Dampak Toxic Relationship--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 5 dampak toxic relationship dan bahaya jika tercebur dalam lingkaran toxic.

Toxic relationship adalah relasi yang penuh tekanan, kekerasan, serta berdampak negatif atas kesehatan mental orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (UNAIR), Margaretha SPsi PGDip Psych MSc, mengatakan bahwa salah satu faktor penting dalam kesehatan mental manusia adalah relasi sosial.

BACA JUGA:Begini Cara Mengaktifkan DANA Paylater, Nikmati Belanja Sekarang Bayar Belakangan  

Relasi sehat akan memberikan perasaan sejahtera dan pertumbuhan pribadi. Sebaliknya, relasi toxic justru menghambat kesehatan mental dan memandekkan pertumbuhan pribadi seseorang.

“Orang yang memiliki relasi sosial yang baik dengan keluarga, teman, dan rekan kerja akan lebih sehat mental. Relasi positif dalam hidup seseorang sifatnya membangun kebahagiaan. Sedangkan, seseorang yang berada dalam lingkaran relasi toxic akan menjadi lebih rentan mengalami stres dan persoalan psikologis,” katanya.

BACA JUGA:Kilas Balik, Rekor Dunia Panjat Tebing dan Perjuangan Lolos Olimpiade 2024 Hingga Berhasil Raih Medali Emas

Dampak Toxic Relationship untuk Kesehatan Mental

Dampak paling jelas adalah yaitu kamu mengalami pelecehan secara verbal, agresi fisik dalam bentuk apapun, keengganan untuk menetapkan batasan, pelecehan secara emosional, dan kurangnya dukungan secara keseluruhan. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Hubungan Toxic, Nomor 4 Umum Terjadi dalam Hubungan

Pastinya, berada dalam toxic relationship akan sangat melelahkan. Nah, berikut beberapa dampak toxic relationship yang perlu kamu waspadai. 

1. Mengisolasi dari hubungan lain yang lebih sehat 

Ketika kamu terus-menerus berada di lingkungan yang negatif, mengalami stres dan pelecehan secara emosional, bukan tidak mungkin kamu akan menempatkan dinding pembatas antara diri sendiri dan orang lain.

Saat menjalani hubungan yang tidak sehat, kamu bisa merasa lelah secara fisik dan emosional. Kamu juga bisa merasa tidak lagi memiliki energi untuk sekadar berinteraksi dengan orang lain, atau hanya butuh waktu untuk menyendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: