Iklan dempo dalam berita

Perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo, Rebut Emas Olimpiade Paris 2024 di Cabor Panjat Tebing

Perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo, Rebut Emas Olimpiade Paris 2024 di Cabor Panjat Tebing

Perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo, Rebut Emas Olimpiade Paris 2024 di Cabor Panjat Tebing--foto:ist

Di final, Veddriq bersua wakil China Wu Peng yang menyisihkan Sam Watson pada semifinal. Veddriq berhasil mencatatkan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik atas Wu Peng untumempersembahkan medali emas pertama buat Indonesia di Paris 2024.

BACA JUGA:Jalan Pertandingan Veddriq Leonardo, Berhasil Raih Medali Emas di Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Profil Veddriq Leonardo

Veddriq Leonardo menginjak usia 27 tahun ketika dia meraih medali emas dalam ajang olahraga multievent empat tahunan di Paris. Dia lahir di Pontianak pada 11 Maret 1997 dan memiliki postur 1,62 meter.

Veddriq sendiri konon sudah mengenal dunia panjat tebing sejak duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Dia memulai kiprahnya dari nomor boulder, dan pernah menjadi favorit untuk mewakili sekolah dalam perlombaan.

Perlahan, Veddriq beralih menekuni nomor speed. Di sana, dia mampu mendulang sejumlah prestasi tingkat internasional, termasuk 6 gelar juara dunia di edisi 2021 Amerika Serikat, 2021 Swiss, 2022 Korea Selatan, 2022 Amerika Serikat, 2023 Korea Selatan, serta terbaru 2023 Amerika Serikat.

BACA JUGA:Sederet Prestasi Veddriq Leonardo, Penyumbang Medali Emas Pertama di Olimpiade Paris 2024

Tak sampai di situ, Veddriq Leonardo juga sempat beberapakali menobatkan diri sebagai pemegang rekor dunia. Malahan dia dikenal sebagai manusia pertama di dunia yang mampu memanjat di bawah 5 detik.

Hingga sebelum Olimpiade, Veddriq setidaknya sudah memecahkan rekor dunia dalam dua kesempatan berbeda, yakni saat Kejuaraan Dunia di Salt Lake City, Amerika Serikat pada 2021 serta Kejuataan Dunia di Seoul, Korea Selatan, April 2023 silam.

Sementara itu di Olimpiade Paris 2024, Veddriq juga pernah menyamai rekor dunia milik Sam Watson (Amerika Serikat) sekaligus mencatatkan rekor baru Olimpiade dengan torehan 4,79 detik di babak seeding heats.

BACA JUGA:Panjat Tebing Putra Olimpiade Paris 2024 Sumbang Medali Emas Pertama untuk Indonesia, Terimakasih Veddriq

Sayangnya, rekor itu tak bertahan lama. Samuel Watson kembali mencurinya lewat torehan 4,75 detik di babak elimination heats dan masih mengukuhkan diri sebagai pemegang rekor yang sama usai mencatatkan waktu 4,74 detik saat perebutan medali perunggu.

Demikianlah ulasan informasi, perjalanan 'Spiderman' Indonesia Veddriq Leonardo, rebut emas Olimpiade Paris 2024 di cabor panjat tebing.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: