Iklan dempo dalam berita

Kinerja Ponsel Lambat? Ini 3 Penyebab Memori HP Cepat Penuh

Kinerja Ponsel Lambat? Ini 3 Penyebab Memori HP Cepat Penuh

Penyebab Memori HP Cepat Penuh--

3. File yang menumpuk

Penyebab selanjutnya ialah menumpuknya file tak penting pada ponsel, sehingga ruang penyimpanannya pun cepat penuh.

Oleh karena itu, bersihkan berkas yang tak terpakai pada ponsel agar ruang penyimpanan dapat berfungsi untuk menjalankan aplikasi lainnya.

Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa cara mengatasi penyimpanan hp yang cepat penuh, yaitu:

1. Selektif dalam menginstal aplikasi

Cara agar memori tidak penuh pertama adalah dengan selektif menginstal aplikasi. Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab utama penuhnya memori hp adalah ukuran file aplikasi yang terlalu besar.

Apalagi jika kita bicara game-game kelas berat seperti Genshin Impact yang saat ini menyedot sekitar 17GB ruang penyimpanan.

Memang sangat sulit menahan diri untuk tidak instal game. Apalagi jika kamu orangnya memang hobi main game. Namun, setidaknya kamu bisa lebih selektif dalam memilih game.

BACA JUGA:Sejarah dan Waktu Pertama kali Lagu Indonesia Raya Diperdengarkan, Ternyata Ini Maknanya!

2. Hapus aplikasi dan game yang tidak diperlukan

Hal ini bisa dibilang jadi kebiasaan hampir semua pengguna hp. Merasa memori hp masih banyak, kita pun jadi terlena untuk instal banyak aplikasi. Padahal, ujung-ujungnya lebih banyak yang cuma jadi pajangan ketimbang benar-benar digunakan.

3. Matikan opsi update otomatis Google Play Store

Untuk kamu pengguna hp Android, Google Play Store menyediakan fitur update APK otomatis. Fitur ini biasanya digunakan agar kita tidak perlu repot buka Google Play Store untuk melakukan update.

Sayangnya, hadirnya fitur ini juga bisa menjadi malapetaka, terutama saat memori hp kamu penuh. Kalau sudah begini, sebaiknya kamu matikan fitur update otomatis untuk mengatasi memori hp penuh, sehingga kamu bisa mengatur sendiri kapan kamu akan update.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: