Iklan dempo dalam berita

Kinerja Ponsel Lambat? Ini 3 Penyebab Memori HP Cepat Penuh

Kinerja Ponsel Lambat? Ini 3 Penyebab Memori HP Cepat Penuh

Penyebab Memori HP Cepat Penuh--

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG 12-13 Agustus 2024, Ini Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat, Waspada!

4. Rutin bersihkan cache atau junk file

Nah, ini dia yang dimaksud sebagai ancaman "tak terlihat" yang bikin memori hp suka tiba-tiba penuh. Data-data ini bisa dikatakan sebagai sampah pada hp. Ukurannya memang sangat kecil, tapi jumlahnya juga masif sehingga bisa membuat memori hp membludak.

Tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghindari dua sampah ini. Sebab, meski sudah dihapus, keduanya bisa tiba-tiba muncul lagi. Makanya, cara paling ampuh untuk mengatasi isu ini adalah dengan rutin membersihkannya.

Kamu bisa melakukannya dengan cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi dengan panduan berikut ini:

- Buka menu Pengaturan.
- Masuk ke menu Apps
- Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
- Klik Clear Cache pada menu App Info.

BACA JUGA:Biaya Pajak Moge di Indonesia, Segini Uang yang Harus Disiapkan

5. Gunakan aplikasi cleaner dan antivirus

Selain dengan cara manual, kamu juga bisa menghapus cache dan junk file di hp secara otomatis. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi cleaner atau antivirus.

Tak hanya membersihkan sampah, beberapa aplikasi cleaner juga berfungsi untuk banyak hal. Misalnya seperti membersihkan RAM hp agar bisa digunakan untuk multitasking.

6. Hapus foto dan video yang tidak diperlukan

Hp zaman sekarang biasanya punya kamera canggih yang resolusinya besar. Kualitas kamera dan hasil foto yang bagus pun sering membuat kita terlena untuk foto-foto tanpa mikirin memori yang tersisa.

Ingat, makin besar resolusi kamera, ukuran gambar dan file-nya pun makin besar. Apalagi kalau kamu menggunakan banyak efek seperti night mode.

Jangan lupa juga, video bisa jadi sumber masalah habisnya memori hp kamu. Terutama buat kamu yang suka main TikTok atau Instagram Stories. Kamu pun pasti akan lebih sering menyimpan video di hp.

Kalau sudah begini, cara yang harus kamu lakukan sama dengan treatment pada junk file atau cache. Coba cek galerimu untuk menyisir foto atau video berukuran besar yang tidak diperlukan lagi, lalu menghapusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: