Iklan dempo dalam berita

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi untuk CPNS 2024 Berserta Kunci Jawaban

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi untuk CPNS 2024 Berserta Kunci Jawaban

Tes Karakteristik Pribadi untuk CPNS 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sebelum ikut tes, yuk pahami contoh soal Tes Karakteristik Pribadi untuk CPNS 2024 beserta kunci jawaban.

Bagi kamu yang berminat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, penting untuk bersiap dengan belajar latihan-latihan soal.

Dalam SKD, peserta akan bertemu dengan soal tes karakteristik pribadi (TKP). Tes ini bertujuan untuk menilai karakter atau kepribadian masing-masing peserta.

BACA JUGA:Contoh Soal Tes Intelegensi Umum untuk CPNS 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Skor Tes Karakteristik Pribadi

Adapun jumlah soal TKP terdiri dari 45 butir dan mempunyai bobot nilai jawaban 1-5. Jika semua soal mendapat nilai 5, peserta akan memperoleh skor tertinggi 225 poin.

TKP juga jadi salah satu komponen yang harus dipenuhi nilai ambang batasnya. Nilai ambang batas TKP dalam SKD CPNS 2024 adalah 166 poin bagi pelamar formasi umum dan khusus putra/putri Kalimantan.

Angka tersebut cukup besar jika dibandingkan dua sub tes lainnya yakni tes wawasan kebangsaan (TWK) sebesar 65 poin dan tes intelegensia umum (TIU) sebesar 80 poin.

Jika ada pelamar yang memperoleh nilai SKD sama dalam kuota 3 kali jumlah kebutuhan formasi yang dilamar, maka penentuan kelulusan SKD juga menggunakan nilai TKP dulu, baru Tes Intelegensia Umum (TIU), baru Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Untuk lebih memahami soal TKP, berikut adalah contoh soalnya yang bisa dikerjakan, dikutip dari buku All New Tes CPNS 2024/2025 oleh Tim Garuda Eduka dan Tim Mitrasiswa (2024).

BACA JUGA:Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan untuk CPNS 2024, Persiapkan Dirimu dari Sekarang

Contoh Soal TKP SKD CPNS 2024 beserta Kunci Jawaban

1. Anda melihat potensi besar di desa tempat Anda tinggal dapat berkembang dengan bantuan internet, tetapi sebagian besar masyarakat sekitar tidak mengerti cara penggunaannya. Sikap Anda adalah...

A. Tidak peduli, membiarkan mengalir apa adanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: