Iklan dempo dalam berita

Ini Daftar Wilayah Megathrust yang Mengancam Indonesia, Potensi Gempanya Bisa Mencapai Magnitudo 9,2

Ini Daftar Wilayah Megathrust yang Mengancam Indonesia, Potensi Gempanya Bisa Mencapai Magnitudo 9,2

Wilayah megathrust yang mengancam Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini daftar wilayah megathrust yang mengancam Indonesia, Potensi Gempanya bisa mencapai magnitudo 9,2.

Gempa bumi memang selama ini cukup sering terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Kekuatannya pun bervariasi, ada yang sampai merenggut nyawa dan merusak bangunan.

Akhir-akhir ini, perhatian masyarakat kembali ke persoalan gempa, khususnya ancaman megathrust atau gempa bumi dengan kekuatan sangat besar.  

BACA JUGA:Jika Terjadi Megathrust di Indonesia, Provinsi Mana yang Berisiko Terdampak?

Isu Indonesia yang berpotensi dilanda gempa dahsyat kembali mencuat setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan akan potensi terjadinya gempa besar di Indonesia.

BMKG juga kembali mengeluarkan peringatan tersebut setelah gempa yang terjadi di Jepang pada Kamis (8/8/2024) lalu di pulau utama paling selatan, Kyushu.

Gempa megathrust adalah gempa bumi yang sangat besar yang terjadi di zona subduksi, wilayah tempat salah satu lempeng tektonik bumi terdorong di bawah lempeng lainnya.

Kedua lempeng biasanya terus bergerak mendekati satu sama lain, tetapi menjadi "terjebak" di tempat mereka bersentuhan. 

BACA JUGA:Ancaman Megathrust di DKI Jakarta, Sudah Diamati Ahli Sejak 20 Tahun Lalu, Kekuatannya Bisa 8,7 SR

Akhirnya, penumpukan regangan melebihi gesekan antara kedua lempeng dan gempa megathrust yang besar terjadi.

Adapun contoh wilayah di luar Indonesia yang pernah dilanda gempa megathrust yakni gempa bumi Cascadia terakhir diperkirakan berkekuatan hingga 9 dan gempa bumi megathrust di Chili pada 1960 berkekuatan 9,5, dan gempa bumi di Alaska pada 1964 berkekuatan 9,2.

Waktu pengulangan bervariasi dari zona subduksi ke zona subduksi. Di zona subduksi Cascadia, 13 peristiwa megathrust telah diidentifikasi dalam 6000 tahun terakhir, rata-rata satu setiap 500 hingga 600 tahun.

Namun, peristiwa tersebut tidak terjadi secara teratur. Beberapa terjadi dalam jarak dekat hingga 200 tahun dan beberapa terjadi dalam jarak jauh hingga 800 tahun. Yang terakhir terjadi 300 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Heboh Ancaman Gempa Megathrust di Indonesia, Ini Penjelasan Terbaru Pusat Gempa Bumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: