Iklan dempo dalam berita

Potensi ‘Perang Bintang’, Eks Panglima TNI Andika Perkasa Maju di Pilgub Jateng 2024

Potensi ‘Perang Bintang’, Eks Panglima TNI Andika Perkasa Maju di Pilgub Jateng 2024

Andika Perkasa Maju di Pilgub Jateng 2024--

Alhasil, pada 2020, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penghargaan Medals The Legion of Merit, Degree of Commander dari Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat kala itu, James C. McConville.

BACA JUGA:Kementan RI Buka 1.212 Formasi CPNS 2024, Segede Ini Gaji dan Tukin per Golongannya

Andika dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 17 November 2021. Saat itu, usianya sudah 56 tahun. Setelah setahun mengabdi, Andika pensiun pada 21 Desember 2022, tepat pada usia 58 tahun.

Setelah pensiun dari militer, kini Andika diusung PDIP untuk menjadi calon gubernur dalam Pilkada Jateng 2024. Dia pun dipasangkan dengan kader PDIP sekaligus mantan walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

BACA JUGA:Heboh! Ji Chang Wook Gunakan Kaos Kutang Datangi Tempat Nongkrong di Jakarta

Profil Ahmad Luthfi

Tak hanya profil mantan Panglima TNI, Andika Perkasa saja yang ramai dicari Masyarakat, terutama Jawa Tengah. Irjen Pol Ahmad Luthfi juga mencuri perhatian Masyarakat.

Irjen Pol Ahmad Luthfi memiliki nama lengkap Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk, S.H. Pria yang saat ini memegang jabatan perwira tertinggi di kepolisian Jawa Tengah ini merupakan lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepa Milsuk) 1989.

Dengan bekal pendidikan yang cukup matang, Irjen Pol Ahmad Luthfi memiliki rekam jejak di kepolisian yang cukup baik. Sebelum menjabat di Kapolda Jawa Tengah di tahun 2020, menjadi Kapolres Batang.

Setelah itu, ia mengemban jabatan menjadi Wakil Direktur Intelijen dan Keamanan (Wadir Intelkam) Polda Jateng di tahun 2010–2011.

BACA JUGA:Peluang Besar, Ada 397 Formasi CPNS Bakamla 2024, Ini Rincian Gaji dan Persyaratannya

Nama Irjen Pol Ahmad Luthfi semakin dikenal di Jawa Tengah setelah ia ditunjuk menggantikan Listyo Sigit Prabowo menjadi Wakapolres Surakarta. Saat mengemban jabatan ini ia cukup dekat dengan Jokowi yang kala itu masih menjadi Walikota Surakarta.

Tak berhenti sampai di situ, pada tahun 2015, ia naik jabatan sebagai Kapolres Surakarta. Namun, di tahun 2017, ia harus kembali ke Mabes Polri untuk mengisi jabatan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri.

Pria kelahiran 1966 ini kembali ke Jawa Tengah pada tahun 2018 setelah ditunjuk menjadi Wakapolda Jateng. Lagi-lagi, untuk menggantikan Listyo Sigit Prabowo yang ditarik menjadi Kapolri, ia mengisi jabatan sebagai Kapolda Jawa Tengah di tahun 2020 sampai saat ini.

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: