Iklan dempo dalam berita

Ini Daftar Negara dengan Wabah Mpox Varian Mematikan, Bagaimana dengan Indonesia?

Ini Daftar Negara dengan Wabah Mpox Varian Mematikan, Bagaimana dengan Indonesia?

Ini Daftar Negara dengan Wabah Mpox Varian Mematikan, Bagaimana dengan Indonesia?--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini daftar negara dengan wabah-mpox Varian mematikan, bagaimana dengan Indonesia?

monkeypox, yang termasuk dalam genus Orthopoxvirus. Virus ini pertama kali ditemukan pada monyet laboratorium pada tahun 1958, dan kasus pertama pada manusia tercatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. Pada tahun 2022, kasus Mpox mulai banyak ditemukan di dunia. Mpox adalah penyakit zoonosis, artinya bisa menyebar dari hewan ke manusia, meskipun penularan antar manusia juga mungkin terjadi.

BACA JUGA:Ini Sebaran Kasus Mpox di Indonesia, Ada di 6 Wilayah Termasuk di Sumatera

Daftar Negara dengan Wabah Mpox Varian Mematikan

Berikut negara-negara yang telah melaporkan kasus mpox clade 1b, dilansir dari Reuters.

Republik Demokratik Kongo

Di Kongo, dua varian mpox tengah menyebar: clade 1 yang endemik dan clade 1b yang baru, yang lebih mudah menular melalui kontak dekat. Hingga 11 Agustus 2024, Kongo mencatat 3.235 kasus dan 19 kematian akibat mpox. Dalam 2 minggu terakhir, terdapat 38 kasus baru yang dikonfirmasi.

BACA JUGA:Darurat Mpox, Ini Perbedan Cacar Monyet dan Cacar Air yang Perlu Diketahui

Swedia

Pada 15 Agustus, pejabat kesehatan global mengonfirmasi infeksi pertama di luar Afrika dengan varian clade 1b mpox di Swedia. Pasien tersebut tertular saat berada di Afrika dan sedang menjalani perawatan.

Thailand

Kasus pertama mpox clade Ib di Thailand dikonfirmasi pada 22 Agustus, setelah sebelumnya dilaporkan pada 21 Agustus. Pasien adalah pria Eropa berusia 66 tahun yang tiba dari negara Afrika yang terjangkit penyakit ini.

Burundi

Hingga 18 Agustus, Burundi melaporkan 153 kasus mpox clade 1b tanpa ada kematian. Negara ini melaporkan 113 kasus baru dalam dua minggu terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: